Thesis
PROBLEMATIKA GURU PAI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 UPTD SDN DI KECAMATAN SAMUDERA
XMLKurikulum merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam
mengerakkan sistem pendidikan, karena kurikulum merupakan perangkat
pembelajaran. Begitu pula halnya dengan guru, seorang guru yang profesional
harus menguasai tatacara pelaksanaan kurikulum untuk mencapai tujuan
pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataan guru PAI di UPTD SDN
Kecamatan Samudera kewalahan dalam menyusun RPP dikarenakan tidak ada
panduan khusus dan pelatihan rutin. Guru PAI jarang sekali diikutsertakan dalam
pelatihan kurikulum 2013. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti ingin
meneliti tentang “Problematika Guru PAI dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013
UPTD SDN di Kecamatan Samudera”. Adapun yang menjadi pertanyaan
penelitian adalah apa saja problematika guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum
2013 di UPTD SDN Kecamatan Samudera, dan bagaimana pelaksanaan
kurikulum 2013 yang ideal di UPTD SDN kecamatan Samudera, serta apa solusi
untuk mengatasi problematika Guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di
UPTD SDN Kecamatan Samudera. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apa
saja problematika guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di UPTD SDN
Kecamatan Samudera, dan untuk menggambarkan pelaksanaan kurikulum 2013
yang ideal di UPTD SDN kecamatan Samudera, serta untuk menjelaskan solusi
dalam mengatasi problematika guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di
UPTD SDN Kecamatan Samudera. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PAI dan
kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview
dan dokumentasi. Hasil penelitian problematika guru PAI dalam pelaksanaan
kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: (1) Adapun problematika yang dihadapi
guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 adalah (a) Kurangnya pemahaman
guru PAI tentang pelaksanaan kurikulum 2013; (b) Tidak adanya pelatihan- pelatihan secara rutin dan tuntas tentang kurikulum 2013; (c) Minimnya sarana
prasarana yang tersedia; (d) Faktor usia guru PAI; (e) Kurangnya kreatifitas guru
PAI. (2) Pelaksanaan kurikulum 2013 di UPTD SDN Kecamatan Samudera belum
berjalan sebagaimana mestinya. Disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya
adalah problematika guru PAI. (3) Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan
untuk mengatasi problematika Guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di
UPTD SDN Kecamatan Samudera, yaitu sebagai berikut: (a) Guru harus
meningkatkan profesional intelektual; (b) Guru PAI harus melakukan persiapan
sebelum mengajar; (c) Tersedianya sumber belajar, media, alat dan bahan dalam
proses pembelajaran; (d) Terjalinnya kerjasama semua pihak baik kepala dinas
pendidikan, kepala sekolah dan guru PAI; (e) Terlaksana pelatihan rutin dan
tuntas tentang kurikulum 2013.
Detail Information
Penulis |
YUSNIDAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520353 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Yus p
|