Thesis
KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI TINGKAT ALIYAH (Studi Kasus di Pondok Pesantren MUDI MESRA Samalanga)
XMLTesis ini berjudul “Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Santri Tingkat Aliyah di Pondok Pesantren Mudi Mesra”.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah komunikasi interpersonal
guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri tingkat Aliyah di Pondok
Pesantren Mudi Mesra, bagaimanakah hambatan komunikasi interpersonal guru
dalam meningkatkan motivasi belajar santri tingkat Aliyah di Pondok Pesantren
Mudi Mesra. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komunikasi
interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri tingkat Aliyah di
Pondok Pesantren Mudi Mesra, untuk menganalisis hambatan komunikasi
interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri tingkat Aliyah di
Pondok Pesantren Mudi Mesra. Metode penelitian dalam penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori
competence communication. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa
komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri tingkat
Aliyah di Pondok Pesantren Mudi Mesra yaitu menumbuhkan motivasi belajar
santri, guru sebagai informator ilmu pengetahuan, memberi nasehat supaya santri
belajar, guru berbagi pengalaman inspiratif kepada santri, komunikasi bersifat
persuasive, komunikasi guru bersifat konseling. Hambatan komunikasi
interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri tingkat Aliyah di
Pondok Pesantren Mudi Mesra meliputi: kurangnya motivasi santri dalam belajar,
santri kurang bertanya ketikadalam proses belajar mengajar, santri terlambat
masuk kelas
Detail Information
Penulis |
SAID MUNAWIR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2018510485 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-KPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
302.2 Sai k
|