STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SANTRI PESANTREN AL ZAHRAH BIREUEN

Record Detail

Thesis

STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SANTRI PESANTREN AL ZAHRAH BIREUEN

XML

Strategi pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran sebagai suatu cara yang
sistematik dalam mengkomunikasikan materi pelajaran kepada peserta didik untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan
strategi pembelajaran, hal-hal apa sajakah yang dilakukan dan kendala apa saja
yang dihadapi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab
peserta didik pesantren Al Zahrah Bireuen. Penelitian menggunakan metode
penelitian lapangan dengan pendekatan kualitataif. Hasil penelitian adalah strategi
pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Arab di pesantren Al Zahrah
Bireuen mengacu pada kurikulum dan silabus yang sudah ditetapkan dengan
menggunakan metode yang sudah dipilih dalam proses pembelajaran terhadap
peserta didik. Pemilihan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan
kondisi, sumber belajar, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi
dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran berorientasi pada aktivitas peserta
didik dipandang sebagai suatu pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan
kepada aktivitas peserta didik secara optimal untuk memperoleh hasil belajar
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang. Strategi pembelajaran
digambarkan sebagai suatu kesatuan sistem yang bertitik tolak dari perumusan
tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam berbagai metode yang relevan
selama proses pembelajaran berlangsung. Hal-hal yang dilakukan guru bahasa
Arab dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik pesantren Al
Zahrah Bireuen dengan cara menerapkan metode yang cocok, menekankan pada
penggunaan kosakata, pengucapan langsung menghindari penjelasan teoritis
gramatikal, penugasan di dalam kelas dan di luar kelas serta melaksanakan
evaluasi dengan tes lisan dan tulisan. Kendala yang dihadapi berasal dari guru
yaitu minimnya kompetensi guru bahasa Arab dalam menguasai kelas dan peserta
didik serta penggunaan metode mengajar. Sedangkan kendala dari peserta didik
yaitu kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan, kurangnya
motivasi belajar dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.


Detail Information

Penulis
HASBALLAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164200221
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
492.7 Has s

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail