Skripsi
AKTUALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUARA DUA
XMLGuru Pendidikan Agama Islam (PAI) SDN di Kecamatan Muara Dua
masih ada yang belum mengaktualisasikan pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi dalam proses pembelajaran. Atas dasar ini tujuan penelitian dilakukan
untuk mengetahui: (1) Aktualisasi pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi dalam proses pembelajaran PAI pada SDN di Kecamatan Muara Dua;
(2) Pandangan guru PAI SDN di Kecamatan Muara Dua terhadap tuntutan
pengaktualisasian pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses
pembelajaran; (3) Kendala guru PAI SDN di Kecamatan Muara Dua dalam
mengaktualisasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada proses
pembelajaran. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
penelitian ini guru PAI SDN Kecamatan Muara Dua. Pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data melalui reduksi data,
penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian: (1) Aktualisasi pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran PAI pada SDN di
Kecamatan Muara Dua belum maksimal. Sebab hasil observasi menunjukkan
hanya sebagian kecil yang sudah mengaktualisasikan dalam pelaksanaan
pembelajaran, sebagian besar belum. Hasil wawancara juga menunjukkan sedikit
sekali yang sudah mengaktualisasikan dalam setiap aspek pembelajaran, pada
umumnya belum mengaktualisasikan pada sebagian atau seluruh aspek. Hasil
telaah dokumentasi mengambarkan sedikit sekali yang mencantumkan media
teknologi informasi dan komunikasi dalam RPP, pada umumnya tidak
mencantumkan; (2) Pandangan guru PAI SDN di Kecamatan Muara Dua terhadap
tuntutan pengaktualisasian pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
dalam proses pembelajaran seluruhnya positif. Hal ini diperkuat adanya upaya
sebagian besar guru untuk meningkatkan kompetensi, adanya kemauan mengikuti
pelatihan, dan adanya harapan bagi guru PAI ke depan; (3) Kendala guru dalam
mengaktualisasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara
internal adalah kurang atau tidak mengerti cara mengoperasikan perangkat keras
dan tidak menguasai sistem operasional perangkat lunak media teknologi
informasi dan komunikasi. Secara eksternal adalah wifi mati, kuota habis, tidak
ada grup WA di kelas tempat mengajar, dan minimnya penggunaan HP Android
oleh orang tua siswa.
Detail Information
Penulis |
FITRIANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520361 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Fit a
|