Skripsi
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA MAN NIBONG ACEH UTARA
XMLABSTRAK
Pendidikan di Indonesia dalam dekade terakhir banyak menuai problem, salah
satunya dengan mulai keroposnya moralitas atau karakter yang melanda generasi
muda dan ini menjadi pembahasan penting yang patut diperhatikan oleh kita semua.
Seperti halnya banyak siswa yang memperlihatkan karakter yang dianggap kurang
baik seperti pergaulan bebas atau yang lainnya. Melihat problem tersebut maka perlu
adanya beberapa trobosan salah satunya melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan
agama Islam yang diterapkan di sekolah baik melalui bentuk pengajaran di kelas
maupun diluar kelas. Oleh karena itu peneliti terfokus pada proses dan implikasi dari
internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan-kegiatan keagamaan
dan berharap bisa dijadikan sebuah solusi dalam pembentukan kepribadian muslim.
Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)
Bagaimana proses pembentukan kepribadian muslim siswa MAN Nibong Aceh
Utara?, 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam
mengimplementasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kepribadian siswa yang Islami di MAN Nibong Aceh Utara?, 3) Bagaimana
internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim siswa
MAN Nibong Aceh Utara?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan cara
pembentukan kepribadian muslim bagi siswa MAN Nibong Aceh Utara, 2) Untuk
memaparkan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam
mengimplementasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kepribadian siswa yang Islami di MAN Nibong Aceh Utara, 3) Untuk menjelaskan
Bagaimana implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kepribadian siswa yang Islami di MAN Nibong Aceh Utara. Penelitian ini termasuk
penelitian lapangan (field Research), karena data-data yang diperlukan untuk
menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan yaitu MAN Nibong Aceh Utara.
Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah:
Pertama, proses pembentukan kepribadian muslim siswa di MAN Nibong dilakukan
dengan cara menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi siswa. Penanaman
nilai-nilai agama Islam sangat erat kaitannya dengan nilai akidah, nilai syari’ah dan
nilai akhlak. Dengan tujuan agar siswa dapat mengamalkan ketiga aspek tersebut
dalam kehidupan sehari-hari, Kedua, faktor pendukung adalah pendidik yang baik,
minat siswa, adanya fasilitas, dan adanya dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan
faktor penghambatnya adalah: pemahaman agama yang masih kurang, kurang
dorongan dari orang tua, dan keterbatasa fasilitas, Ketiga, internalisasi nilai-nilai
pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan pribadi muslim siswa di MAN
Nibong dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu langsung dan tidak langsung.
Cara langsung dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan,
nasihat dan berupa teguran/sanksi. Sedangkan yang tidak langsung melalui kegiatan
pembelajaran di kelas-kelas. Internalisasi nilai-nilai agama Islam dilakukan dengan
beberapa tahapan yang diantaranya: tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman,
tahapan pembiasaan, tahap transinternalisasi, tahapan kebutuhan, tahap evaluasi.
Detail Information
Penulis |
Mutia Sari - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132107542 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|