PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH ALIYAH SWASTA DARUL MUTTAQIN LAGA BARO

Record Detail

Thesis

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH ALIYAH SWASTA DARUL MUTTAQIN LAGA BARO

XML

Guru Pendidikan Agama Islam tidak dibenarkan dalam proses belajar mengajar mempunyai pandangan bahwa mengajar hanya merupakan tugas yang telah menjadi kebiasaan sehingga ia terpaku dengan cara dan gaya lama, tidak ada dinamika, inovasi dan kreasi untuk mengembangkan proses pengajaran ke arah yang lebih baik dan efektif. Seharusnya guru dituntut untuk mengembangkan berbagai macam strategi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru PAI. Salah satu persoalan Guru Pendidikan Agama Islam adalah belum sepenuhnya menguasai penerapan strategi pembelajaran khususnya di Madrasah Aliyah Swasta Darul Muttaqin Laga Baro. Untuk memberikan solusi atas persoalan tersebut peneliti membuat pertanyaan penelitian yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Swasta Darul Muttaqin Laga Baro dalam meningkatkan kompetensi guru PAI (2) Apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi Guru PAI dalam menerapkan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Swasta Darul Muttaqin Laga Baro dalam meningkatkan kompetensi guru PAI. (3) Apa sajakah Usaha-usaha untuk mengatasi kendala-kendala dalam penerapan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Swasta Darul Muttaqin Laga Baro untuk meningkatkan kompetensi guru PAI.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dilaksanakan pada MAS Darul Muttaqin Laga Baro. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data untuk merumuskan konsep temuan dari fenomena latar penelitian lapangan. Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji tranferability, uji dependability, dan uji konfirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Madrasah Aliyah (MA) Swasta Darul Muttaqin Laga Baro menerapkan tiga strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, dan strategi pembelajaran kooperatif. Ketiga strategi tersebut sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkahnya masing-masing meskipun masih ada kekurangannya. Kendala-kendala yang dihadapi Guru PAI dalam menerapkan strategi pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Swasta Darul Muttaqin Laga Baro dalam meningkatkan kompetensi guru PAI terbagi dalam beberapa bentuk yaitu kurangnya minat belajar siswa, kemampuan siswa yang kurang, siswa tidak aktif dalam belajar, sering bolos sekolah, belajar hanya menjelang ulangan atau ujian, sering ribut di kelas, siswa sering terlambat sekolah, kurangnya pelatihan-pelatihan yang diselengagarakan kepada guru PAI, kurangnya fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh Sekolah/Madrasah. Usaha-usaha untuk mengatasi kendala-kendala terbagi dalam beberapa bentuk yaitu Guru dituntut untuk kreatif, seterusnya Guru mampu menghadirkan suasana yang menyenangkan ketika proses belajar mengajar, kemudian Guru harus bisa menciptakan situasi yang kondusif ketika proses belajar mengajar berlangsung, guru harus bisa memberikan motivasi kepada siswa-siswanya untuk lebih giat dan rajin belajar, siswa dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran PAI, Sekolah harus mampu menyediakan media-media belajar sebagai penunjang dari strategi pembelajaran. Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat diharapkan turut mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran.


Detail Information

Penulis
Muhammad Gade - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154200127
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Muh p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail