Thesis
KONSEP PENDIDIKAN QALBU DALAM AL-QURAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK
XMLAlquran merupakan sumber pedoman hidup manusia, termasuk di dalamnya
petunjuk dalam proses pensucian/pendidikan hati. Alquran dapat mendidik
kesucian hati terutama pada mereka yang menghendaki menjadi hamba Allāh Swt.
yang senantiasa mensucikan dirinya. Pendidikan mempunyai peranan sangat
penting dalam kehidupan manusia. Hal ini disebabkan pendidikan berpengaruh
langsung terhadap perkembangan seluruh aspek kepribadian manusia, berkaitan
langsung dengan pembentukan manusia. Adapun di dalamnya mengkaji hasil
penafsiran ayat-ayat Alquran, penulis fokuskan penelitian ini terhadap; (1)
Bagaimana konsep pendidikan qalbu dalam Alquran? (2) Bagaimana relevansi
konsep pendidikan qalbu dalam Alquran dengan pendidikan Akhlak? Penelitian
ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan qalbu dalam Alquran.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) yang
bercorak analisis konsep, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi
pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Hati memiliki
potensi ruhaniah yang sangat menentukan baik dan buruknya perilaku. Tujuan
pendidikan hati adalah untuk menumbuhkan, menjaga, dan meneguhkan kebaikan
hati. Hati dididik dengan menggunakan strategi tazkiyyah, tazyinah, tadabburah,
dan tarabbuṭah. Kedua, Pendidikan hati memberikan kontribusi pada proses
pemilihan dan menanamkan nilai yang haqqul yaqin, nilai yang memiliki
konsistensi pada pembentukan sikap dan perilaku. Pendidikan hati
mengkonsepkan pendidikan akhlak yang memadukan secara komplimenter antara
konsep ontologis dan deontologis, dan memadukan konsep pendidikan konservatif
dan progresif.
Detail Information
Penulis |
MAULIZAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 154200112 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X5.1 Mau k
|