Skripsi
MANAJEMEN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS MADRASAH ALIYAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME KEPALA DAN TENAGA PENDIDIK MAN 1 BENER MERIAH
XMLSalah satu upaya yang dilakukan oleh pengawas madrasah untuk meningkatkan
kompetensi dan profesionalisme kepala dan guru di MAN 1 Bener Meriah adalah
dengan melakukan pembinaan melalui supervisi manajerial secara kontinu dan
terprogram. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana
perencanaan supervisi manajerial pengawas Madrasah Aliyah dalam
meningkatkan kompetensi profesionlisme kepala dan tenaga pendidikdi MAN 1
Bener Meriah? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi manajerial pengawas
Madrasah Aliyahdalam meningkatkan kompetensi profesionlisme kepala dan
tenaga pendidikdi MAN 1 Bener Meriah? (3) Bagaimana evaluasi supervisi
manajerial pengawas Madrasah Aliyah dalam meningkatkan kompetensi
profesionlisme kepala dan tenaga pendidikdi MAN 1 Bener Meriah? (4) Apa saja
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi manajerial pengawas
Madrasah Aliyah dalam meningkatkan kompetensi profesionlisme kepala dan
tenaga pendidikdi MAN 1 Bener Meriah? Adapun tujuan penelitian adalah: (1)
Untuk menjelaskan Perencanaansupervisi manajerialpengawas Madrasah Aliyah
dalam meningkatkan kompetensi profesionlisme kepala dan tenaga
pendidikdiMAN1 Bener Meriah. (2) Untuk menjelaskan Pelaksanaan supervisi
manajerialpengawas Madrasah Aliyahdalam meningkatkan kompetensi
profesionlisme kepala dan tenaga pendidikdiMAN 1Bener Meriah (3) Untuk
menjelaskan Evaluasi supervisi manajerialpengawas Madrasah Aliyahdalam
meningkatkan kompetensi profesionlisme kepala dan tenaga pendidikdiMAN 1
Bener Meriah. (4) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan supervisi manajerialpengawas Madrasah Aliyah dalam meningkatkan
kompetensi profesionlisme kepala dan tenaga pendidikdiMAN 1 Bener
Meriah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatifdengan
pendekatan fenomenologis dan deskriptif naturalistik.Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa:(1)Perencanaansupervisi manajerial sudah baik, hal ini terbuktipengawas
madrasahtelahmenyusun jadwal pelaksanaan, langkah,sasaran,
danmenentukantindak lanjutsupervisi dengan jelas, baik program tahunan maupun
semester; (2) Pelaksanaan supervisi manajerial dilakukan dengan teknik
kunjungan langsung, komunikasi yang santun, pendekatan kolaboratif, dan
langkah-langkahsistematis; (3) Evaluasi supervisi manajerial dilakukan secara
bertahap, dengan pembinaan dan bimbingan kepala madrasah dan guru-guru; (4)
Faktor pendukung diantaranya: tanggapan kepala dan guru sangat baik terhadap
supervisi manajerial, tujuan supervisi telah dipahami oleh kepala dan guru.Kepala
dan guru merasa memiliki teman diskusi. faktor penghambat diantaranya: biaya
perjalanan, ATK, kondisi geografis, minimnya jumlah pengawas dan kompetensi
pengawas belum optimal.
Detail Information
Penulis |
ISMAIL - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017530431 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.1 Ism m
|