Thesis
PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA GURU DAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 2 ACEH UTARA
XMLTotal Quality Management (TQM) merupakan konsep manajemen sekolah
yaitu sebuah kajian mengenai bagaimana sebuah pendidikan persekolahan harus
dikelola secara efektif dan efisien untuk mewujudkan mutu pendidikan. Dalam
upaya meningkatkan produktivitas dan mewujudkan pendidikan yang bermutu,
kebutuhan akan pengelolaan atau manajemen yang memiliki fokus terhadap mutu
menjadi suatu keharusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja guru dan mutu
pendidikan di MTsN 2 Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasinya adalah
seluruh guru yang mengajar di MTsN 2 Aceh Utara yang berjumlah 53 orang dan
sampel yang diambil adalah semua guru yang aktif mengajar di MTsN 2 Aceh
Utara yang berjumlah 53 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian
menggunakan statistik deskriptif, korelasi dan regresi sederhana dengan
menggunakan SPSS 26. Secara deskriptif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Total Quality Management
(TQM) terhadap kinerja guru di MTsN 2 Aceh Utara melalui perhitungan thitung >
ttabel yaitu 6,050 > 1,674 berarti H0 ditolak atau ≠ 0, dan Ha diterima yaitu
dengan nilai korelasi r sebesar 0,539, mendekati nilai 1 artinya hubungan antara
TQM dan kinerja guru sangat signifikan dan pengaruhnya adalah sebesar 29%
terhadap kinerja guru di MTsN 2 Aceh Utara. 2) terdapat pengaruh yang
signifikan antara penerapan TQM terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Aceh
Utara melalui perhitungan thitung > ttabel yaitu 2,537 > 1,674 berarti H0 ditolak atau
≠ 0, dan Ha diterima yaitu dengan nilai korelasi r sebesar 0,588, mendekati nilai
1 artinya hubungan antara TQM dan mutu pendidikan sangat signifikan dan
pengaruhnya adalah sebesar 34,6% terhadap mutu pendidikan di MTsN 2 Aceh
Utara. Hasil penelitian berimplikasi bagi akademisi dan praktisi pendidikan dalam
mengelola pendidikan, dimana dengan penerapan Total Quality Management
(TQM) yang optimal akan mempengaruhi mutu atau kualitas kinerja guru dan
peningkatan mutu pendidikan, sehingga menghasilkan kualitas madrasah yang
maksimal sesuai dengan harapan.
Detail Information
Penulis |
CHAIRUN NISA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2018530556 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.2 Cha p
|