Thesis
MANAJEMEN PIMPINAN LPI DAYAH JAMI’AH ALAZIZIYAH DALAM MENGEVALUASI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
XMLGuru sebagai penggerak utama roda pendidikan harus mampu melaksanakan
fungsinya dengan maksimal. Manajemen kepemimpinan dayah Jami’ah alAziziyah sebagai pemimpin, pengatur dan penentu arah jalannya proses
pembelajaran telah melakukan beberapa upaya untuk membina guru dalam
rangka menghasilkan pendidikan yang bermutu. Tapi penulis juga menemkan
beberapa kekurangan yang masih harus dibenahi oleh kepemiminan dayah untuk
terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Dari latar belakang itu lah penulis
ingin meneliti danmenulis sebuah karya ilmiah dengan judul “Manajemen
Kepemimpina LPI Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Dalam Mengevaluasi Guru Untuk
Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Berdasarkan latar belakang di atas, maka
rumusan masalah pada tesis ini adalah: Bagaimana teknik yang digunakan
manajemenkepemimpinan LPI Dayah Jami’ah Al-Aziziyah dalam mengevaluasi
guru untuk meningkatkan mutu pendidikan ? Bagaimana langkah-langkah
manajemenkepemimpinan LPI Dayah Jami’ah Al-Aziziyah dalam mengevaluasi
guru untuk meningkatkan mutu pendidikan? Apa saja kendala yang dihadapi
manajemen kepemimpinan LPI Dayah Jami’ah Al-Aziziyah dalam mengevaluasi
guru untuk meningkatkan mutu pendidikan? Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Peneliti merupakan instrument kunci, penelitian ini
menggunakan metode pengumpulan data dan analisis data yang mengacu pada
kaidah-kaidah penelitian diskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data yang
diperlukan sesuai dengan pertanyaan dan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan
data adalah dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada
seluruh informan yang telah ditentukan. Observasi dilakukan dengan mengamati
langsung kejadian-kejadian di lapangan. Selanjutnya adalah kajian dokumentasi,
yaitu dengan cara menyusun data, menghubungan data, mereduksi, menyajikan
dan menyimpulkan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa teknik evaluasi guru yang digunakan oleh manajemen
kepemimpinan dayah Jami’ah adalah (1). Teknik kunjungan kelas. (2) percakapan
Pribadi. (3) penilaian, (4) rapat guru, (5) studi kelompok guru, (6) pelatihan, (7)
studi banding. Dan langkah-langkah manajemen kepemimpinan dayah Jami’ah
dalam mengevaluasi guru adalah (1) Tahap persiapan, (2) Tahap pelaksanaan, (3)
tahap penilaian, (4) tahap pengambilan kebijakan, (5) tahap Pembimbingan guru.
Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh manajemen kepemimpinan dayah
dalam mengevaluasi guru, diantaranya: kurangnya pemahaman dari narasumber
informasi wawancara tentang pentingnya evaluasi, miskomunikasi, dan teknik
observasi yang tidak termanajemen dengan baik menyebabkan hasil observasi
yang simpang siur
Detail Information
Penulis |
Shabarul Khairi - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017530381 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.341 Sha m
|