Thesis
ANALISIS MANAJEMEN SUPERVISI PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU FIQIH PADA MTsN 6 ACEH UTARA
XMLFenomena supervisi pengawas pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN
6) Aceh Utara berkonotasi dengan peningkatan kinerja guru fiqih. Supervisi
akademik yang dilakukan oleh pengawas pada madrasah MTsN 6 Aceh Utara
berupa supervisi perangkat pembelajaran dan supervisi kunjungan kelas. Supervisi
akademik terhadap guru fiqih pada madrasah MTsN 6 Aceh Utara ditinjau dalam
studi ini. Masalah yang diteliti tentang perencanaan supervisi, pelaksanaan
supervisi, dan pembinaan yang dilakukan dalam aktivitas supervisi oleh pengawas
terhadap guru fiqih pada Madrasah MTs.N 6 Aceh Utara. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta menganalisis perencanaan,
pelaksanaan, dan pembinaan supervisi akademik oleh pengawas terhadap guru
fiqih. Teori menajemen ilmiah digunakan sebagai alat analisis tentang
perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan guru fiqih oleh pengawas. Relevansi
teori manajemen ilmiah ditinjau dari sudut metode kerja dan praktik administrasi
serta perancangan dalam aktivitas supervisi pengawas terhadap guru fiqih. Selain
itu, teori manajemen Neo-klasik juga dilibatkan untuk mempertajam analisis
fokus penelitian ini, dimana teori Neo-klasik relevan dengan unsur hubungan
manusia dan pelaksanan supervisi oleh pengawas. Metode kualitatif digunakan
untuk menggali data terkait supervisi akademik pengawas terhadap guru fiqih.
Penelitian telah memilih subjek; kepala madrasah, guru bidang studi fiqih dan
pengwas madrasah MTsN 6 Aceh Utara. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan
pedoman wawancara dan alat tulis, serta alat perekam wawancara dengan subjek
penelitian. Analisis data melibatkan teknik display data atau pemaparan data,
koding, dan triangulasi untuk memverifikasi data yang diperoleh pada MTs.N 6
Aceh Utara. Penelitian menemukan bahwa aspek perencanaan yang dilakukan
oleh pengawas mencakup rapat awal semester, menyusun jadwal supervisi,
menyusun instrumen supervisi, dan membuat laporan supervisi. Studi juga
menemukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik terdiri dari supervisi
perangkat pembelajaran, dan supervisi kunjungan kelas. Sementara, aspek
pembinaan ditemukan bahwa pengawas telah melakukan pembinaan terhadap
guru fiqih dalam rapat dengan seluruh dewan guru, dan pemanggilan secara
khusus guru yang telah disupervisi kunjungan kelas. Studi menyimpulkan
supervisi yang dilakukan oleh pengawas terhadap guru fiqih terencana dan baik.
Namun supervisi pengawas terkait pembinaan guru fiqih perlu dimaksimalkan.
Penelitian ini berimplikasi pada kepala madrasah, guru fiqih dan guru mata
pelajaran lain serta pengawas. Oleh karena itu disarankan kepada pengawas agar
meningkatkan supervisi dalam aspek pembinaan terhadap penyusunan perangkat
mata pembelajaran fiqih, dan Pelaksanaan pembelajaran.
Detail Information
Penulis |
Saifullah - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017530400 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.1 Sai a
|