URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN

Record Detail

Jurnal

URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN

XML

AbstrakPembelajaran bukan hanya penyampaianmateripada ranah kognitif saja untuk dapat menjawab soal ujian, tapi jugadalam pembentukan karakter anak sangat diperlukan ranah afektif,yaitu pembiasaan. Pembiasaan untukberbuat baik, berlaku jujur, integritas,optimis,malu berbuat curang, malu bersikap malas, malu membiarkan lingkungannya kotor, optimis empati,dan kerja keras.Karena karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus diasuh dan dilatih secara serius, kontinyudan profesional,maka dalam pembelajaran tidak boleh ada kesenjangan antara praktik dengan teori pendidikan karakter peserta didik agar mencapai manusia yang sempurna (insan kamil).Pendidikan karakter merupakan wujuddari konsep dasar manusia: fitrah. Setiap anak dilahirkan menurut fitrahnya, yaitu memiliki akal, nafsu (jasad), hatidan ruh. Konsep inilah yang sekarang lantas dikembangkan menjadi konsep multiple intelligence. Dalam Islam terdapat beberapa istilah yang sangat tepatdigunakan sebagai pendekatan pembelajaran. Konsep-konsep itu antaralaintilâwah, ta’lîm, tarbiyah, ta’dîb, tazkiyah dan tadlrîb.Permasalahan sekarang kebanyakan siswa tidak berkarakter yang baik dan benarkarena dalam proses pembelajaran,guru hanya menyampaikan materi pelajaran sangat memfokus pada ranah kognitifsaja, kurang mengutamakan ranah afektif atau mendidik (tarbiyah, ta’dib) siswabelum berhasil mencetak siswayang berkarakter,atau dengan kata lain pendidikan karakter masihgagal, karena banyak lulusan sekolah atau sarjana yang berkualitas tetapi mental dan akhlakbelum melambangkan kepribadian yang baikseperti sangat kurang sikap kejujuran,integritas, optimis, empati dan lain-lain.


Detail Information

Penulis
Aisyah Ma’awiyah - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
Indonesia
Publisher ITQAN : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail