EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 ACEH UTARA

Record Detail

Thesis

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 ACEH UTARA

XML

Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru dalam mengelola kelas,
menciptakan suasana belajar yang kondusif, dan dapat memberikan ketenangan
bagi siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. Suasana belajar yang kondusif
menjadi salah satu faktor pendukung yang dapat memberikan daya tarik
tersendiri dalam proses pembelajaran di kelas. Pengelolaan kelas yang efektif
dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dengan efektifnya pengelolaan
kelas yang dilakukan oleh guru, siswa dapat mengikuti pelajaran dengan optimal
tanpa ada gangguan dalam mengikuti pelajaran. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah efektivitas pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fikih di MTs Negeri 6 Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan pengelolaan kelas oleh guru dalam menciptakan dan
mempertahankan kondisi kelas dan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan
kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 6 Aceh Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pengelolaan kelas dalam
pelaksanaan pembelajaran yang meliputi sarana, prasarana, aktivitas belajar, dan
kegiatan guru mengelola kelas untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan
dokumentasi. Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru fikih di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 6 Aceh Utara tergolong “baik” karena dari jawaban
keseluruhan dari responden diperoleh persentase 78%. Berdasarkan persamaan
regresi Ŷ = 14,615 + 0.818X, menunjukkan bahwa setiap terjadi penambahan
nilai pada pengelolaan kelas sebanyak 1 akan menaikkan nilai hasil belajar siswa
sebesar 0,818. Pengelolaan kelas berpengaruh besar terhadap hasil belajar
siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri 6 Aceh Utara yaitu sebesar 67,9%,
hal ini dibuktikan dari nilai koefisien regresi (R2
) sebesar 0,827 dan R²
sebesar 0,684 atau 68,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas
memberikan kontribusi sebesar 68,4% terhadap hasil belajar siswa di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 6 Aceh Utara.


Detail Information

Penulis
NASRULLAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300249
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.1 Nas e

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail