MANAJEMEN SARANA DAAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNANETRA DI SMALB PONDOK GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN SARANA DAAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNANETRA DI SMALB PONDOK GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH

XML

Sasaran dari pengembangan sarana dan prasarana pendidikan adalah terwujudnya sarana
dan prasarana pendidikan di sekolah yang sesuai dengan standar Nasional pendidikan.
Manajemen sarana dan prasarana di SMALB Pondok Gajah Kabupaten Bener Meriah
merupakan bagian lingkup manajemen sekolah. Sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki
oleh suatu lembaga pendidikan pada dasarnya akan mempengaruhi kualitas pendidikan di
sekolah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran Agama Islam bagi
anak tunanetra di SMALB Pondok Gajah. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian manajemen sarana dan prasarana dalam
meningatkan mutu pembelajaran agama Islam bagi anak tunanetra adalah pertama Perencanaan
yang di programkan di SMALB ada delapan program tersebut, yaitu 1) mengadakan alat bantu
/media pembelajaran: 2) mengadakan alat bantu visual: 3) mengadakan alat bantu auditif: 4) alat
latihan fisik: 5) menyediakan alat asesmen: 6) orientasi dan mobilitas: 7) alat bantu
pembelajaran: 8) memberdayakan sarana dan prasarana yang ada. Kedua Pelaksanaan sarana dan
prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di SMALB Pondok Gajah dilaksanakan
dengan dua tahap yaitu (1) dilaksanakan pada hari Senin dan hari Rabu. (2) dilaksanakan setelah
zuhur, setiap tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Pengawasan
sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di SMALB Pondok Gajah
ada dua, yaitu pengawasan dari kepala sekolah yang melibatkan seluruh guru, karyawan dan
staf di SMALB yang dilaksanakan pada setiap semester sekali, satu tahun sekali (awal semester
ajaran baru),dan pada setiap satu bulan sekali. Pengawasan dengan yayasan yang dilaksanakan
pada setahun sekali, yaitu pada akhir semsester


Detail Information

Penulis
BISRA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2017530451
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Bis m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail