Thesis
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM TAḤFĪẒ ALQURAN DI DARUL HUFFADZ TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH
XMLPenelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap pengembangan
kurilulum taḥfīẓ Alquran berbasis dayah yang mampu meningkatkan kompetensi
santri, sehingga minat santri terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan manajemen pengembangan kurikulum taḥfīẓ Alquran di Darul
Huffadz Takengon yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
seluruh pengelola, ustaż dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model
interaktif dari Milles dan Huberman, dengan tahapan: reduksi data, display data,
dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan penelitian tentang manajemen
pengembangan kurikulum taḥfiẓ Alquran di Darul Huffadz Takengon
menunjukkan. 1) Perencanaan pengembangan kurikulum taḥfiẓ Alquran dengan
mengadakan rapat dihadiri pengelola dan tenaga pengajar/ustadz, menetapkan
muatan kurikulum, tujuan pembelajaran, kompetensi pendidik, materi, sumber dan
bahan ajar, metode, fasilitas yang dibutuhkan dalam pengembangan kurikulum
taḥfiẓ Alquran. 2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum taḥfiẓ Alquran berupa
kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari secara terjadwal di kelas
dengan jumlah 6-12 orang setiap rombongan belajar (rombel), waktu belajar
dimulai pukul 14.00-21.30 WIB. Metode yang digunakan adalah ceramah,
tadarrus, drill, qira’ah, dan taḥfiẓ. Pelaksanaan didukung dengan kegiatan yang
dikemas secara menyenangkan. 3) Evaluasi pengembangan kurikulum taḥfiẓ
Alquran, meliputi: evaluasi internal dan eksternal yaitu, evaluasi terhadap kinerja
pendidik, keaktifan setoran hafalan, kualitas bacaan, dan penguasaan isi
kandungan surat/ayat yang dihafal santri. ujian kenaikan juz setelah selesai
(diakhir) 1 juz hafalan. Evaluasi eksternal membandingkan kinerja dengan standar, visi dan misi, mengevaluasi hasil, tes dan observasi perkembangan hafalan,
kualitas bacaan dan penguasaan isi kangungan surat/ayat, dan melaksanakan
tindak lanjut. Berdasarkan hasil temuan di atas, direkomendasikan kepada
pengelola dan tenaga pengajar agar merancang kurikulum taḥfiẓ Alquran secara
matang, menambah personalia dan tenaga pengajar (ustaż/ah), menjalin kemitraan
dengan lembaga taḥfiẓ lain, dan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk
mendukung pengembangan kurikulum taḥfiẓ Alquran.
Detail Information
Penulis |
SULASTRI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017530454 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
375 Sul m
|