Thesis
MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN SISWA SMKN 1 LHOKSUKON
XMLPenelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam
menginternalisasi nilai-nilai keislaman pada peserta didik SMKN I Lhoksukon.
Masih ada peserta didik yang menganggap pendidikan agama tidak penting,
anggapannya karena sudah terlahir dalam lingkungan keislaman dan sudah
melakukan pengajian di luar jam sekolah, terlambat masuk sekolah, berani
membantah guru, membuang sampah sembarangan, makan di kantin sekolah di jam
pelajaran berlangsung, keluar masuk kelas dengan tidak berkepentingan, suka
mengganggu anak perempuan. Semestinya Pendidikan Agama Islam yang merupakan
salah satu mata pelajaran yang berisikan dari pokok-pokok ajaran agama Islam
diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik
sehingga mengantarkan mereka menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlak mulia.
Pertanyaan penelitian dalam penulisan ini adalah bagaimana nilai-nilai keislaman
peserta didik di SMKN I Lhoksukon, bagaimana model pembelajaran pendidikan
agama Islam dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman peserta didik dan apa
kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengaplikasikan model
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman
pada peserta didik SMKN I Lhoksukon? Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai-nilai keislaman peserta didik di SMKN
I Lhoksukon, untuk menggambarkan model pembelajaran pendidikan agama Islam
dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman dan menjelaskan kendala-kendala yang
di hadapi oleh guru dalam menginternalisasi Pendidikan Agama Islam pada peserta
didik SMKN I Lhoksukon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian ini menjadi subjek penelitian adalah 1 orang kepala sekolah 6orang guru
serta 5 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)bentuk internalisasi nilai-nilai
keislaman pada peserta didik SMKN ILhoksukon melalui pembacaan yasin, solat
dzuhur berjamaah, kegiatan rohis, solat duha, pembelajaran khusus bagi peserta didik
yang tidak bisa mengaji, tausiah dengan mengundang ustaz. 2) Metode-metode yang
digunakan oleh guru SMKN I Lhoksukon dalam menginternalisasi nilai-nilai
keislaman pada peserta didiknya adalah melalui metode keteladana,metode ceramah,
metode pembiasaan, metode bimbingan dan arahan, metode aksi atau sanksi. 3)Model
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman
model tazkirah, mengingatkan, pengulangan, dorongan juga model pembelajaran
make a match, Inquiry, role playing, project based learning, problem based
learning, jigsow, market, teacher. 3) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam
menerapkan model-model pembelajaran pendidikan agama Islam dalam
menginternalisasi nilai-nilai keislaman siswa SMKN I Lhoksukon adalah leb
pendidikan agama Islam yang masih kurang lengkap, infokus yang masih kurang,
siswa yang nakal,Pergaulan anak, dan alokasi waktu Pendidikan Agama Islam yang
sedikit.
Detail Information
Penulis |
NOPA SANTI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520369 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Nop m
|