NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KONTEKS KEKINIAN (Kajian Kitab Tanwir Al-Qulub Fi Ma'amalati 'Alami Al-Ghuyub Karangan Muhammad Amin Al-Kurdi)

Record Detail

Thesis

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KONTEKS KEKINIAN (Kajian Kitab Tanwir Al-Qulub Fi Ma'amalati 'Alami Al-Ghuyub Karangan Muhammad Amin Al-Kurdi)

XML

Penelitian ini berjudul: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dan Implementasinya dalam Konteks Kekinian (Kajian Kitab Tanwĭr Al-Qulȗb Fĭ Mu’āmalati ‘Alāmi Al-Ghuyȗb Karangan Muhammad Amin Al-Kurdĭ). Fokus penelitian adalah: Pertama, apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Tarwirul Qulub karangan Muhammad Amin Al-KurdῙ. Kedua, bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab TanwῙr al-Qủlub dalam konteks kekinian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendepskripkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab TanwῙr al-Qủlub karangan Muhammad Amin Al-KurdῙ. Untuk menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab TanwῙr al-Qủlub dalam konteks kekinian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analisis dengan jenis data kualitatif. Hasil penelitian menunjuki: Pertama, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Tarwirul Qulub karangan Muhammad Amin Al-KurdῙ adalah nilai-nilai pendidikan akhlak kepada Allah yaitu bertaubat dari segala dosa yang telah dikerjakan dan membersihkan diri dari sifat-sifat tercela. Nilai-nilai pendidikan akhlak kepada manusia yaitu memiliki sifat sopan santun, tawadhuk, berbaik sangka, lapang dada, jujur dan menepati janji. Nilai-nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri yaitu memiliki sifat sabar, membatasi diri, sedikit tidur, makan makanan halal, sedikit makan, menjaga lisan dan hati, menjaga mata, tawadhuk, takut kepada Allah dan istiqamah. Nilai-nilai pendidikan akhlak kepada guru dan murid yaitu memiliki sifat ridha, patuh, berbaik sangka, menjaga akhlak, mencari keberkahan, menjaga rahasia guru, meminta nasehat, ikhlas, larangan banyak bicara, larangan bicara keras, memberi hadiah. Kedua, Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab TanwῙr al-Qủlub dalam konteks kekinian adalah menerapkan nilai-nilai akhlak kepada Allah yaitu bertaubat yang dilakukan khusus pada hari-hari tertentu. Menerapkan nilai-nilai pendidikan kepada manusia yaitu menanamkan kesadaran tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban individu secara amanah, istiqamah, teguh politik, bermusyawarah dengan disiplin dan bijak. Menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri adalah usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dengan menyampaikan ajaran agama, memberi contoh, melatih keterampilan, memberi motivasi dan menciptakan lingkungan sosial yang mendukung pelaksanaan pembentukan pribadi muslim. Menerapkan nilai-nilai pendidikan kepada guru dan murid adalah melatih keagamaan yang menyangkut akhlak, sosial, hubungan sesama manusia sesuai dengan ajaran agama.


Detail Information

Penulis
MUSRIZAL - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164200137
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X5.1 Mus n

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail