KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK AL-GHAZĀLĪ DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK ERA MILLENIAL (Studi Terhadap Kitab Ayyuhā Al- Walad)

Record Detail

Thesis

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK AL-GHAZĀLĪ DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK ERA MILLENIAL (Studi Terhadap Kitab Ayyuhā Al- Walad)

XML

Tujuan utama Pendidikan Islam adalah untuk menghasilkan orang yang berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia. Dalam perjalanannya manusia menghadapi ragam godaan dan rintangan, sehingga diperlukan konsep pendidikan Akhlak yang tepat. al-Ghazāiī sebagai seorang tokoh pemikir Islam memiliki pemikiran cemerlang tentang konsep pendidikan Islam yang dituangkan dalam karyanya kitab Ayyuhā Al- Walad. Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan pemikiran pendidikan al-Ghazāiī dalam kitab Ayyuhā Al- Walad dan relevansinya dengan pendidikan akhlak era millenial. Penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan menjadikan penelitian ini memiliki tingkat validitas yang kuat. Menurut al-Ghazāiī terdapat konsep-konsep pendidikan yang dapat diterapkan dalam pengembangan proses pembelajaran seperti konsep al’Ibadăat, konsep al ă‘dat ,konsep al-Muhlikăat, dan konsep al- munjiyăat. Konsep-konsep pendidikan yang dikembangkan oleh al-Ghazāiī sangat relevan dan sejalan dengan para pemikir pendidikan era millenial yang menganut paradigma student center (pola pembelajaran yang terpusat pada murid). Keberhasilan konsep pendidikan yang maksimal dalam perspektif al-Ghazāiī menuntut pembinaan akhlak yang mulia secara Istiqamah. Penelitian lanjutan terhadap konsep pendidikan akhlak al-Ghazāiī sangat diharapkan guna menghasilkan elaborasi yang memadai.


Detail Information

Penulis
Bukhari - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2017520362
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X5.1 Buk k

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail