Thesis
KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK AL-GHAZĀLĪ DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK ERA MILLENIAL (Studi Terhadap Kitab Ayyuhā Al- Walad)
XMLTujuan utama Pendidikan Islam adalah untuk menghasilkan orang yang berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia. Dalam perjalanannya manusia menghadapi ragam godaan dan rintangan, sehingga diperlukan konsep pendidikan Akhlak yang tepat. al-Ghazāiī sebagai seorang tokoh pemikir Islam memiliki pemikiran cemerlang tentang konsep pendidikan Islam yang dituangkan dalam karyanya kitab Ayyuhā Al- Walad. Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan pemikiran pendidikan al-Ghazāiī dalam kitab Ayyuhā Al- Walad dan relevansinya dengan pendidikan akhlak era millenial. Penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan menjadikan penelitian ini memiliki tingkat validitas yang kuat. Menurut al-Ghazāiī terdapat konsep-konsep pendidikan yang dapat diterapkan dalam pengembangan proses pembelajaran seperti konsep al’Ibadăat, konsep al ă‘dat ,konsep al-Muhlikăat, dan konsep al- munjiyăat. Konsep-konsep pendidikan yang dikembangkan oleh al-Ghazāiī sangat relevan dan sejalan dengan para pemikir pendidikan era millenial yang menganut paradigma student center (pola pembelajaran yang terpusat pada murid). Keberhasilan konsep pendidikan yang maksimal dalam perspektif al-Ghazāiī menuntut pembinaan akhlak yang mulia secara Istiqamah. Penelitian lanjutan terhadap konsep pendidikan akhlak al-Ghazāiī sangat diharapkan guna menghasilkan elaborasi yang memadai.
Detail Information
Penulis |
Bukhari - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520362 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X5.1 Buk k
|