MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN DAYAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GAYO DI PESANTREN SEMAYOEN NUSANTARA KABUPATEN BENER MERIAH

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN DAYAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GAYO DI PESANTREN SEMAYOEN NUSANTARA KABUPATEN BENER MERIAH

XML

Kearifan lokal masyarakat Gayo yang dilaksanakan di Pesantren
Semayoen Nusantara adalah Didong sumang dan melengkan. Kegiatan tersebut
bertujuan untuk melestarikan dan menanamkan nilai-nilai budaya lokal kepada
siswa, agar tidak terpengaruh oleh budaya barat yang negatif dalam era
globalisasi saat ini. Tapi disayangkan kegiatan berbasis kearifan lokal ini belum
maksimal dilaksanakan, sehingga perlunya nilai-nilai kearifan lokal ini di
integrasikan dalam manajemen kurikulum Dayah dan diintegrasikan dalam
kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam konteks masyarakat Gayo,
kearifan lokalnya terangkum dalam konsep edet atau adat yang meliputi praktik,
norma, dan tuntutan kehidupan sosialyang bersumber dari pengalaman yang
telah melalui Islamisasi. Wujud kearifan lokal yang terdapat dalam masyarakat
Gayo meliputi bahasa Gayo, sistem tata kelola pemerintahan (saraopat), norma
bermasyarakat (sumang), ekspresi estetika (didong). Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum pendidikan Dayah
berbasis kearifan lokal masyarakat Gayo di Pesantren Semayoen Nusantara? 2)
Bagaimana pelaksanaan kurikulum pendidikan Dayah berbasis kearifan lokal
masyarakat Gayo di Pesantren Semayoen Nusantara? 3) Bagaimana evaluasi
kurikulum pendidikan Dayah berbasis kearifan lokal masyarakat Gayo di
Pesantren Semayoen Nusantara? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk
menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum
pendidikan Dayah berbasis kearifan lokal masyarakat Gayo di Pesantren
Semayoen Nusantara.. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.
Perencanaan manajemen kurikulum pendidikan dayah ditinjau dari kearifan
lokal masyarakat Gayo:1) Musyawrah dengan Ustaz/Ustazah; 2) mengadakan
musyawarah dengan orang tua/wali santri 3) memberi arahan kepada santri
tentang kearifan lokal 4) sebagai ekstrakulikuler 5) membentuk tim didong.
Sebagai Pelaksanaan pada even-even tertentu seperti : 1) perlombaan 2) milad
pesantren Semayoen Nusantara 3) haflah akhirussanah dan perpisahan. Evaluasi
ada tiga yaitu pada awal tahun pelajaran,awal semester dan setahun sekali


Detail Information

Penulis
ABDULLAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300295
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.35 Abd m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail