Thesis
PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA KERJA GURU PADA MTsN 1 BENER MERIAH
XMLPeran Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Kerja Guru pada
MTsN 1 Bener Meriah. Pengkajian ini meliputi tentang; (1) peran supervisi
Kepala Sekolah Madrasah dalam meningkatkan budaya kerja guru di MTsN 1
Bener Meriah, (2) hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan
budaya kerja Guru di MTsN 1 Bener Meriah, dan (3) cara pelaksanaan supervisi
Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya kerja guru di MTsN 1 Bener
Meriah. Kajian memiliki tujuan: mendeskripsikan peran supervisi kepala
Madrasah untuk meningkatkan budaya kerja di MTsN 1 Bener Meriah,
mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan budaya
kerja di MTsN 1 Bener Meriah, dan memformulasikan tahapan-tahapan yang
dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan
budaya kerja di MTsN 1 Bener Meriah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Bener Meriah di Kabupaten Bener Meriah. 4 orang Guru
Mata Pelajaran k MTsN 1 Kabupaten Bener Meriah. 2 orang wakil kepala sekolah
bidang kurikulum dan kesiswaan, 2 orang pegawai Kemenag, yakni 1 orang
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, dan 1 orang Kabag bidang
Pendidikan atau Madrasah. Subjek penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dan teknik yang dikerjakan dalam penelitian ini melalui observasi; wawancara;
catat dan rekam; dokumentasi, hasil ini diselesaikan dengan cara analisa. Kajian
ini menemukan bahwa (1) Peran Supervisi Kepala Sekolah Madrasah dalam
Meningkatkan Budaya Kerja Guru di MTsN 1 Bener Meriah sangat berpengaruh
terhadap peningkatan Budaya kerja guru. Untuk meningkatkan budaya kerja Guru
maka supervisor perlu menerapkan (a) Menciptakan kondisi Guru punya rasa
aman dan hidup layak; (b) Menciptakan kondisi kerja yang menyenangkan; (c)
Membuat Guru merasa diikutsertakan; (d) Memperlakukan Guru secara wajar; (e)
Membuat Guru Merasa mampu; (f) Memberikan pengakuan dan penghargaan atas
sumbangan yang ia berikan; (g) Memberikan kesempatan kepada Guru untuk
merasakan dihargai (Self Respect). Tahapan-Tahapan pelaksanaan supervisi
kepala madrasah dalam meningkatkan Budaya kerja guru di MTsN 1 Bener
Meriah ada lima tahapan yaitu : memberikan pengarahan, memberikan bimbingan
administrasi, memberikan motivasi, membantu guru mengembangkan silabus dan
RPP terakhir evaluasi. Faktor penghambat supervisi kepala Madrasah dalam
meningkatkan Budaya kerja guru di MTsN 1 Bener Meriah adalah 1): rendahnya
Sumber Daya Manusia, 2): kurangnya pelatihan (work shop), 3): kurangnya
kesadaran guru terhadap tugas.
Detail Information
Penulis |
SINER JAYA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 164300297 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.1 Sin p
|