EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 1 SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Record Detail

Thesis

EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 1 SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

XML

Hubungan yang harmonis antara guru dan siswa ditandai dengan interaksi yang
terjalin baik. Proses interaksi yang baik akan terjalin bila komunikasinya berjalan
efektif. Pentingnya komunikasi antar pribadi dalam kehidupan manusia tidak
dapat dipungkiri, begitu juga di SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen. SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen merupakan lembaga pendidikan
yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar serta pengetahuan mengenai
etika, moral, serta kedisiplinan. Prestasi belajar siswa di sekolah merupakan tanda
peningkatan pengetahuan yang dibangun lewat komunikasi. Dalam upaya
pencapaian tujuan pendidikan di sekolah tersebut, maka peranan yang dimiliki
oleh guru melalui komunikasi Interpersonal dalam mendidik siswa sangat penting
untuk meningkatkan kualitas siswa, baik dalam hal prestasi maupun tingkah laku.
Dengan komunikasi Interpersonal secara persuasif dan efektif antara guru kepada
siswanya diharapkan akan meningkatkan prestasi belajar, membantu motivasi
serta mendorong siswa untuk bergerak ke arah yang positif, karena dengan
komunikasi yang berjalan baik maka akan membuat siswa lebih terbuka dan dapat
berkerja sama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi Interpersonal guru-siswa
dan efektifitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IIS 3
SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dan melalui pendekatan
fenomenologis dengan mengambil latar belakang di SMA Negeri 1 Samalanga
Kabupaten Bireuen, yaitu suatu penelitian yang melampaui berbagai tahapan
berpikir kritis ilmiah, yang mana seorang peneliti memulai berfikir induktif, yaitu
menangkap berbagai fakta atau fenomena-fenomena sosial, melalui pengamatan di
lapangan, kemudian menganalisisnya serta melakukan teorisasi berdasarkan apa
yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi Interpersonal
guru-siswa di SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen berjalan dengan
sangat baik. Adapun efektifitas komunikasi Interpersonal guru-siswa dalam
meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1
Samalanga Kabupaten Bireuen adalah efektif, ditandai dengan adanya
komunikasi Interpersonal guru-siswa maka prestasi belajar pada siswa kelas XI
IIS 3 SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen meningkat, baik di bidang
kognitif, psikomotorik dan apektif.
xiv


Detail Information

Penulis
RAHMAT IKBAL - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154100082
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-KPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
302.2 Rah e

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail