Thesis
KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB SEBAGAI GURU PROFESIONAL Di MTsS ULUMUDDIN KOTA LHOKSEUMAWE
XMLKemampuan guru adalah kompetensi intelektual seperti penguasaan mata
pelajaran, pengetahuan menganai cara mengajar, pengetahuan mengenai belajar dan
tingkah laku individu, pegetahuan tentang bimbingan penyuluhan, pengetahuan tentang
administrasi kelas, pengetahuan tentang cara menilai hasil belajar, pengetahuan tentang
kemasyaraka-tan serta pengetahuan umum lainnya.
kemampuan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab diartikan
sebagai kemampuan untuk menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu
pengetahuan, teknologi dan kesenian. Guru profesional adalah Guru yang memiliki
kompetensi khusus di bidangnya untuk melaksanakan pengajaran, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah
“Bagaimana Kemampuan Guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai
guru profesional di MTsS Ulumudddin?”, “Faktor apa yang mendukung kemampuan
guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru profesional di MTs.S
Ulumuddin?”, “Apa saja kendala-kendala guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung
jawab sebagai guru profesional di MTsS Ulumuddin? ”, dan Apakah solusi guru dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru profesional di MTs.S Ulumuddin?.
Jenis Penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana
peneliti menjadi instrument kunci dalam pengumpulan data. Ada beberapa instrumen
dalam pengumpulan data yaitu tape recorder, camera, alat tulis, daftar hadir guru dan
administrasi guru pengajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis model Interaktif dari Miles dan Huberman yang mencakup tiga kegiatan
yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik penjamin
keabsahan data adalah kredibilitas, member check, triangulasi, tranferabilitas,
dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan
tugas dan tanggung jawab sebagai guru profesional di MTsS Ulumuddin Lhokseumawe
belum sepenuhnya menunjukkan ranah Profesionalisme yang baik. Hal ini dibuktikan
dokumentasi guru dalam setiap pembelajaran seperti peyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dan penyusunan silabus yang belum seragam dan sesuai dengan
kaidah perencanaan pembelajaran. Adapun aktivitas profesionalisme guru dalam
pelaksanaan pembelajaran MTsS Ulumuddin belum menunjukkan internalisasi indikator
profesionalisme yang memuaskan dikarenakan metode yang digunakan oleh guru adalah
metode ceramah di kelas. Adapun hasil belajar berdasarkan dokumen evaluasi guru pada
MTsS Ulumuddin Lhokseumawe belum memuaskan atau masih relatif kurang.
Detail Information
Penulis |
MUHAMMAD YAHYA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 154200150 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.1 Muh k
|