Thesis
PENGEMBANGAN KURIKULUM MA’HAD ALY DI DAYAH DARUL MUNAWWARAH KUTA KRUENG PIDIE JAYA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang
pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta
Krueng Pidie Jaya yang terdiri dari: konsep pengembangan kurikulum Ma’had
Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya, proses pengembangan
kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya,
dan pengaruh pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul
Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya terhadap kemampuan mahasantri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dapat
dikelompokkan menjadi dua sumber data yaitu: data primer yang terdiri dari
direktur, wakil direktur Ma’had Aly bidang akademik urusan kurikulum, dosen,
dan mahasantri. Data skunder yaitu data tentang konsep pengembangan kurikulum
Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya meliputi; latar
belakang pengembangan kurikulum Ma’had Aly Darul Munawwarah; dasar atau
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di Ma’had Aly Darul Munawwarah.
Data Proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly meliputi; metode penyusunan
kurikulum, penilaian kurikulum, pengawasan kurikulum. Data pengaruh
pengembangan kurikulum terhadap kemampuan mahasantri. Teknik pengumpulan
data dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dalam penelitian ini dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan,
dan setelah selesai di lapangan hingga penelitian sampai tuntas. Adapun
komponennya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil
penelitian menunjukan konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah
Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya semua berada pada kriteria baik.
Proses pengembangan kurikulum berada pada kriteria baik, karena metode
penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum dan pengawasan kurikulum itu oleh
pihak Ma’had Aly sendiri, karena Kemenag memberikan wewenag secara penuh
kepada Ma’had Aly untuk dapat menjalankan pendidikan; dan pengaruh
pengembangan kurikulum Ma’had Aly terhadap kemampuan mahasantri itu bisa
dikatakan baik dan berpengaruh kepada arah yang positif, sehingga mahasantri
bisa mengembangkan potensinya. Berdasarkan penelitian ini disarankan
pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta
Krueng Pidie Jaya terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik dan menjadi model
pengembangan kurikulum lembaga pendidikan Ma’had Aly serta perguruan tinggi
lainnya.
Detail Information
Penulis |
TAJUSSUBKI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520345 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.35 Taj p
|