Thesis
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ICT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA
XMLMadrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal harus mengupayakan
peningkatan mutu dan kualitas, diantaranya yaitu peningkatan dibidang kualitas
pembelajaran. Salah satu cara yang bisa dipergunakan adalah penggunaan media
dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media ICT oleh guru memiliki peranan
penting dalam proses pembelajaran di madrasah ibtidaiyah. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menjelaskan penggunaan, bentuk, langkah-langkah penggunaan,
dan efektifitas media ICT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Adapun jenis
penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah penelitian deskriptif dan
pendekatan penelitian bersifat kualitatif. Data yang diperoleh seperti hasil
pengamatan, wawancara, dokumentasi diuraikan dalam bentuk naratif. Subjek
penelitian yang diteliti adalah siswa MIN 2 dan MIN 17 Aceh Utara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ICT dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa adalah memudahkan guru dan siswa untuk belajar,
memberi motivasi untuk belajar, serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
sehingga menghasilkan prestasi akademik yang lebih baik. Bentuk-bentuk media
ICT yang dipergunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berupa media
audio, bahan cetak, audio visual, laptop, infocus, dan juga jaringan internet (Wifi).
Langkah-langkah penggunaan media ICT dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa yaitu dengan memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media yaitu
efektifitas pada ketepatan dan pencapaian tujuan pembelajaran, relevansi media
yang digunakan dengan tujuan, karakteristik materi pelajaran, potensi dan
perkembangan siswa, serta dengan waktu yang tersedia. Efektifitas penggunaan
media ICT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangat tinggi yang terlihat
dari siswa berusaha belajar dengan baik, memperhatikan saat guru menerangkan
pelajaran, menggunakan ICT waktu belajar dirumah, bertanya kepada guru ketika
tidak memahami materi pelajaran, mengikuti pelajaran PAI secara disiplin, dan
percaya diri saat menyampaikan pendapat di ruang kelas.
Detail Information
Penulis |
ABDUL MUHAIMI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520377 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.33 Abd e
|