HUBUNGAN ANTARA EFEKTIFITAS MANAJEMEN TAḤFĪẒUL QUR’AN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MESJID BESAR BUJANG SALIM KRUENG GEUKUEH

Record Detail

Thesis

HUBUNGAN ANTARA EFEKTIFITAS MANAJEMEN TAḤFĪẒUL QUR’AN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MESJID BESAR BUJANG SALIM KRUENG GEUKUEH

XML

Motivasi belajar bagi santri merupakan unsur yang sangat penting yang dapat
dipengaruhi oleh pengelolaan dari sebuah program. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara efektifitas manajemen dengan motivasi belajar
santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Penelitian
ini dilaksanakan di Baitul Taḥfīẓul Qur’an RMBS di Mesjid Besar Bujang Salim
Krueng Geukueh. Populasi penelitian berjumlah 180 santri dengan jumlah
responden yang terlibat sebanyak 120 santri. Data penelitian diperoleh dengan
menggunakan angket yang dikembangkan melalui 3 tahapan yaitu, 1) menyusun
rancangan butir instrumen dengan mengadopsi intrumen yang sudah ada, 2)
validasi instrumen dengan mengadopsi instrument yang sudah ada dengan cara
mengkonfirmasikan, mengkonsultasikan, dan mendapat pengarahan dari
validator, 3) menguji coba instrument yang sudah divalidasi ahli pada 30 subyek
ujicoba yang berada di luar sampel namun memiliki karakter sama dengan sampel
yang diteliti. Setelah dilakukan uji validasi dan reabilitas butir angket, maka
penyebaran angket dilakukan secara online dan juga secara langsung. Analisis
data penelitian menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana dengan
bantuan perangkat IBM SPSS Statistics 20. Hasil analisis korelasi menunjukkan
nilai koefisien korelasi Pearson (r) yaitu sebesar 0,426 dengan nilai signifikan
sebesar 0,000, sehingga dapat diartikan bahwa variabel efektifitas manajemen dan
variabel motivasi belajar mempunyai korelasi yang positif dan signifikan dengan
derajat korelasi cukup. Selanjutnya, analisis regresi linear sederhana
menghasilkan persamaan regresi Efektifitas Manajemen = 79,050 + 0,418*
Motivasi belajar, yang berarti bahwa setiap 1 % peningkatan nilai efektifitas
manajemen, maka akan mengakibatkan peningkatan motivasi belajar sebesar
0,418. Nilai determinasi (R2
) diperoleh sebesar 0,181, yang menunjukkan bahwa
besarnya variansi Efektifitas Manajemen yang dapat dijelaskan oleh motivasi
belajar adalah sebesar 18,1% , sementara sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor
lain. Nilai Fhitung =26,135 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga
disimpulkan model regresi yang diperoleh dapat dipakai untuk memprediksi
variabel motivasi belajar.


Detail Information

Penulis
Cut Elizar - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2018530527
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X1.1 Cut h

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail