Thesis
MANAJEMEN PENGAJARAN GURU DALAM PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA SDIT ASY – SYIFA BENER MERIAH
XMLPenelitian ini betujuan untuk menjelaskan manajemen pengajaran guru lembaga
SDIT dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an pada SDIT Asy-Syifa Bener Meriah.
Ada tiga komponen yang diukur dalam penelitian ini, yaitu: perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi pengajaran hafalan Al-Qur’an pada SDIT Asy-Syifa
Bener Meriah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Asy-Syifa Bener Meriah. Subjek
penelitiannya adalah guru pembelajaran tahsin dan tahfiz Al-Qur’an, Kepala
Sekolah, dan bagian SDM SDIT Asy-Syifa Bener Meriah. Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif. Dari penelitian ini, diperoleh penjelasan bahwa (1) kurikulum
pembelajaran hafalan Al-Qur’an belum diaplikasikan dalam bentuk silabus atau
rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga materi kurikulum pembelajaran
hafalan Al-Qur’an SDIT Asy-Sifa Bener Meriah ditentukan oleh Lembaga Tahsin
dan Tahfiz Asy-Syifa dan materi pembelajaran ditentukan oleh kepala sekolah dan
guru Tahsin untuk masing-masing tingkatan dan semester yang tertuang dalam
buku Tahsin dan Tahfiz; (2) dalam perencanaan pembelajaran, guru-guru
pembimbing belum membuat rancangan pembelajaran secara tertulis, tetapi hanya
dengan cara memberitahukan ayat yang dihafal dan dengan buku tahsin dan tahfiz
yang dibeli oleh siswa; (3) dalam pelaksanaannya pelajaran tahsin dan tahfiz
masuk pada mata pelajaran muatan lokal di setiap kelas alokasi waktunya 4 kali
dalam seminggu dengan durasi waktu 2 x 30 menit, khusus mempelajari tahfiz
dan tahsin Al-Qur’an, yaitu setiap Hari Senin sampai Kamis, disertai Murajaah
(pengulangan) sebelum pulang dengan alokasi waktu 1x30 menit; (4) metode
menghafal Al-Qur’an belum dikembangkan secara luas, sehingga yang lebih
banyak digunakan adalah metode Talaqqi dan Murajaah; (5) evaluasi hafalan AlQur’an dilakukan setiap hari di pagi hari di pintu gerbang. Siswa diwajibkan setor
hafalan sebagai password masuk lingkungan sekolah dan evaluasi juga
dilaksanakan pada akhir semester. Komponen yang dinilai pada kompetensi
pengetahuan dan keterampilannya terdiri atas: (a) pengenalan hurufnya; (b) lancar
hafalannya; dan (c) benar bacaannya (tajwid dan makhrajnya).
Detail Information
Penulis |
IRNILAWATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017530450 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X1.1 Irn m
|