KONSEP KECERDASAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Tela'ah Terhadap Alquran Surat Luqmān Ayat 12-19)

Record Detail

Thesis

KONSEP KECERDASAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Tela'ah Terhadap Alquran Surat Luqmān Ayat 12-19)

XML

Alquran merupakan sumber utama dalam pendidikan Islam yang relevan dan
berlaku sepanjang masa serta dapat dijadikan pedoman dari segala aspek kehidupan
manusia, maka tujuan akhir pendidikan Islam adalah tujuan yang penuh dengan
hikmah dan kemuliaan. Hal ini disebabkan pendidikan berpengaruh langsung
terhadap perkembangan seluruh aspek kepribadian manusia, berkaitan langsung
dengan pembentukan manusia. Anggapan yang selama ini berkembang ialah jika
seseorang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi apakah ia akan meraih sukses
dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep kecerdasan
dalam perspektif pendidikan Islam (tela’ah terhadap Alquran surat Luqmān ayat 12-
19). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) yang
bercorak analisis konsep, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan.
Adapun di dalamnya mengkaji hasil penafsiran ayat-ayat Alquran surat Luqmān ayat
12-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, konsep kecerdasan yang
terkandung di dalam surat Luqmān ayat 12-19 terdiri dari tiga konsep, yaitu; (1)
konsep kecerdasan pendidikan ‘aqīdah yaitu pengesaan terhadap Allah Swt dan
tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu selain Dia. (2) konsep kecerdasan
pendidikan ibadah, yaitu segala tindakan dalam kehidupan sehari-hari, baik yang
berhubungan dengan Allah Swt maupun dengan sesama manusia: (a) perintah
mendirikan shalat; (b) perintah melaksanakan amar ma’rūf nahi munkar. (3) konsep
kecerdasan pendidikan akhlak meliputi; (a) banyak bersyukur atas nikmat yang
diberikan Allah; (b) pendidikan akhlak terhadap kedua orang tua; (c) pendidikan
akhlak terhadap orang tua beda ‘aqīdah; (d) pendidikan akhlak tentang perbuatan
baik dan buruk dibalas setimpal dengan perbuatannya; (e) pendidikan akhlak berlaku
sabar; (f) pendidikan akhlak terhadap orang lain; (g) pendidikan akhlak terhadap diri
sendiri. Kedua, relevansi konsep kecerdasan dalam Alquran surat Luqmān ayat 12-
19 dengan pendidikan Islam kontemporer adalah membentuk manusia yang
mempunyai konsep kecerdasan dalam perspektif pendidikan Islam sesuai dengan
fitrah manusia sebagai khalifah di muka bumi dan searah dengan ajaran dan
tuntunan agama Islam, serta melaksanan apa yang menjadi amanah UUD 1945 yang
tertuang dalam UU Sisdiknas tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Detail Information

Penulis
SYAWALUDDIN - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154200105
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Sya k

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail