Thesis
PENERAPAN INTEGRASI RANAH KOQNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI COT MURONG KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE
XMLPendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian siswa. Pendidikan Agama Islam secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa. Didalam proses pembelajaran memiliki indicator ketercapaian masing-masing yang mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana penerapan integrasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran materi PAI di SD Negeri Cot Murong Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie? (2)Bagaimana mutu pembelajaran PAI di SD Negeri Cot Murong Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie? (3) Apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan integrasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik terhadap mutu pembelajaran PAI di SD Negeri Cot Murong Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie?. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mengetahui penerapan integrasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik (2) Untuk mengetahui mutu pembelajaran PAI (3) Untuk mengetahui kendala penerapan integrasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik terhadap mutu pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil latar pada SD Negeri Cot Murong Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Integrasi Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik pada Pembelajaran PAI guru menerapkan program-program kegiatan pembinaan keagaamaan antaralain, menerapkan program One Day One Ayat, serta melatih dan membentuk kemampuan berfikir peserta didik (2) Mutu pembelajaran PAI di SD Negeri Cot Murong terjadi peningkatan, antara lain meningkatnya profesionalisme guru, penerapan model-model, metode dan teknik pembelajaran yang bervariasi. (3) Kendala penerapan Integrasi ranah pembelajaran PAI kurangnya fasilitas yang memadai untuk mendukung penerapan integrasi ranah pembelajaran tersebut. Keterbatasan sarana dan prasarana adalah menjadi kendala yang paling utama dalam upaya penerapan integrasi ranah pendidikan.
Detail Information
Penulis |
RISKA MAULIDA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 164200234 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Ris p
|