UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH ANAK PADA MATERI KEKUASAAN ALLAH MELALUI STRATEGI CONSTEKTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PAUD BUNGONG BANTIMOH PUSONG BARU KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH ANAK PADA MATERI KEKUASAAN ALLAH MELALUI STRATEGI CONSTEKTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PAUD BUNGONG BANTIMOH PUSONG BARU KOTA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Hsil Belajar Aqidah Anak pada Materi
Kekuasaan Allah melalui Strategi Contekstual Teaching Learning (CTL) PAUD
Bungong Bantimoh Pusaong Baru Kota Lhokseumawe” Skripsi ini
dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar aqidah anak pada materi kekuasaan
Allah. Hal ini diakibatkan oleh strategi yang digunakan belum tepat dan sesuai
dengan materi kekuasaan Allah, sehingga hasil belajar aqidah anak tidak
berkembang. Oleh karena itu, peneliti mencoba menawarkan strategi Contekstual
Teaching Learning (CTL). Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar aqidah anak melalui strategi
Constekstual Teaching Learning pada materi kekuasaan Allah siswa PAUD
Bungong Bantimoh. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar aqidah anak melalui strategi Constekstual Teaching Learning pada materi
kekuasaan Allah siswa PAUD Bungong Bantimoh. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, tes lisan dan catatan lapangan. Metode
penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah peserta didik PAUD Gampong
Pusong Baru Kota Lhokseumawe Tahun Ajaran 2016-2017, khususnya peserta
yang belum tuntas mempelajari materi kekuasaan Allah dan dijadikan sebagai
subjek penelitian. Hasil penelitian, bahwa penggunaan strategi CTL (Contextual
Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar aqidah peserta didik,
khususnya pada materi kekuasaan Allah. Hal ini sesuai dengan hasil temuan siklus
I peningkatan hasil belajar aqidah anak memproleh 5 orang siswa tuntas dengan
persentase 31,25%, dengan nilai rata-rata hasil observasi kedua pengamat 76%
berada pada kategori “cukup baik”. Sedangkan pada siklus kedua hasil tes akhir
siswa memperoleh 14 orang tuntas, dengan persentase 87,50%, dan nilai rata-rata
hasil observasi kedua pengamat 89,20% dengan kategori “Baik”.


Detail Information

Penulis
Nurhasanah - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142508591
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail