Thesis
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI DI TPA AL-MARKAZUL ISLAMI LHOKSEUMAWE DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’
XMLGuru TPA Al-Markazul Islami menggunakan metode Iqra’ dalam
mengajarkan Alquran, tetapi masih ada santri yang tidak lancar membaca Alquran
dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Guru TPA Al-Markazul Islami
berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri, tetapi masih
rendahnya motivasi santri untuk membaca Alquran, bahkan ada beberapa santri
yang belum bisa membaca Alquran dengan benar. Berdasarkan latar belakang
masalah di atas maka yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah
bagaimanakah penerapan metode Iqra’ pada TPA Al-Markazul Islami?,
bagaimanakah peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan
kemampuan membaca Alquran santri? dan apa faktor pendukung dan penghambat
guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca
Alquran santri?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode
Iqra’ pada TPA Al-Markazul Islami, peran guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri, dan faktor pendukung dan
penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan
membaca Alquran santri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Direktur, Kepala
akademik dan guru TPA Al-Markazul Islami. Teknik pengumpulan data
penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil
penelitian menunjukan: Langkah-langkah penerapan metode Iqra’ di TPA AlMarkazul Islami adalah instruksi dan koreksi bacaan Iqra’, menyimak bacaan
Iqra’ santri satu persatu (Face to Face), tutor sebaya dalam membaca Iqra’ dan
pengajaran buku Iqra’ disertai tajwid praktis. Peranan guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca Alquran santri pada TPA Al-Markazul Islami meliputi;
guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru
sebagai penilai dan guru membangun interaksi dengan wali santri. Dukungan dari
dalam dan luar TPA Al-Markazul Islami bagi guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca Alquran santri adalah pengurus TPA mengupgrade terus
kemampuan guru, pengurus TPA menyediakan media pembelajaran untuk guru,
akademi TPA membuat briefing sebelum guru masuk kelas, guru membandingkan
TPA Al-Markazul Islami dengan TPA lainnya dan dukungan yang diberikan
masyarakat agar santri TPA Al-Markazul Islami hebat dan berkualitas. Sedangkan
faktor penghambatnya dari dalam dan luar TPA Al-Markazul Islami adalah
tempat belajarnya di mesjid seperti tempat umum sehingga mengurasi
konsenterasi santri dan ada guru yang kurang percaya diri, sulitnya santri dalam
membaca Alquran karena kurangnya perhatian orang tua, dan santri banyak yang
datang terlambat karena kedua orang tuanya banyak yang bekerja.
Detail Information
Penulis |
Sulaiman - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520350 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X1.1 Sul p
|