Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B TK HASANUL BASHRI DESA COT JABET KEC. GANDA PURA KAB. BIREUEN
XMLKemandirian merupakan kemampuan seseorang dalam mengerjakan tugas seharihari sesuai dengan perkembangan dan kapasitasnya, serta mampu bertanggung
jawab terhadap semua hal yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk
Pengembangan Kemandirian Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Kelompok B
TK Hasanul Bashri Desa Cot Jabet. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Data penelitian ini
adalah data respon anak. Sumber data pada penelitian ini adalah anak usia dini
kelompok B TK Hasanul Bashri Desa Cot Jabet yang berjumlah 11 orang anak.
Data dikumpulkan dengan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan data. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata
perkembangan kemandirian anak pada siklus I menunjukkan bahwa belum ada
anak yang memiliki perkembangan kemandirian dengan penilaian berkembang
sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I adalah sebanyak 3
orang anak Belum Berkembang (BB) dan 4 orang anak Mulai Berkembang (MB)
sedangkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembangan
Sangat Baik (BSB) belum ada. Perkembangan kemandirian anak pada siklus II
tidak ada lagi anak yang Belum Berkembang (BB) dan anak yang Mulai
Berkembang (MB). 2 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan terdapat 9
orang anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh dari melalui metode pemberian tugas dapat
mengembangkan kemandiran anak.
.
Detail Information
Penulis |
LIA AMNA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162509664 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
155.2 Lia p
|