Skripsi
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM BACAAN MAD SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Efektifitas Penggunaan Model Peta Konsep terhadap
Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Bacaan Mad Siswa Kelas VIII di SMP
Negeri 4 Lhokseumawe”. Model peta konsep merupakan media pendidikan yang
dapat menunjukkan konsep ilmu secara secara sistematis, yaitu di awali dari inti
permasalahan sampai pada bagian penghubung yang mempunyai hubungan satu
dengan lainnya, sehingga dapat membentuk pengetahuan dan mempermudah
pemahaman suatu topik pembelajaran. Yang menjadi latar belakang masalah
dalam penelitian tersebut bahwa dalam materi pembelajaran hukum bacaan mad
guru menggunakan model peta konsep, agar dapat meningkatan proses pembela
jaran yang baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelumnya, Mungkin
ini disebabkan efek dari penggunaan model peta konsep sehingga siswa mudah
memahami materi tersebut. Pertanyaan penelitian, antara lain: (1) Bagaimana
proses penggunaan model peta konsep pada materi hukum bacaan mad di SMP
Negeri 4 Lhokseumawe (2) Bagaimana efektifitas penggunaan model peta konsep
pada materi hukum bacaan mad di SMP Negeri 4 Lhokseumawe?. Adapun tujuan
peneliti ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan model peta konsep pada
materi hukum bacaan mad di SMPN 4 Lhokseumawe. (2) untuk mengetahui
efektifitas pengunaan model peta konsep. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif, yang menjadi sumber data adalah data primer dan skunder.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan menyimpulkan data. Setelah dilakukan penelitian di SMPN 4
Lhokseumawe mendapatkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil
temuan (1) proses penggunaan model peta konsep pada materi hukum bacaan
mad, meliputi tiga tahap, antara lain menentukan alat perencanaan, yaitu RPP, dan
peta konsep, selanjutnya melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan
menggunakan pembelajaran model peta konsep, yang berbentuk model peta
konsep jaringan, kemudian melakukan penilaian hasil belajar, (2) efektifitas
penggunaan model peta konsep pada materi hukum bacaan mad di SMPN 4
Lhokseumawe adalah sudah afektif, pelaksanaannya dinilai afektif karna
memenuhi indikator efektifitas. Kesimpulan bahwa penggunaan model peta
konsep pada materi hukum bacaan mad cukup efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Dengan demikian model peta konsep dapat dilanjutkan dalam
pembelajaran tersebut, dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Detail Information
Penulis |
ADILLA HUMAIRA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132107509 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|