DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VI MIN 1 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VI MIN 1 ACEH UTARA

XML

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dampak pembelajaran online
(E-Learning) terhadap motivasi belajar masih kurang dikarenakan
ketidakmampuan dari dalam menguasai teknologi sehingga menggakibatkan
sebagian guru, siswa dan orang tua mengalami kesulitan saat proses pembelajaran
online dirumah berlangsung, dan mengalami kendala dalam biaya kuota atau
jaringan. Akan tetapi guru dan orang tua berusaha untuk meningkatkan proses
belajar agar siswa bersemangat untuk mendapatkan prestasi. Permasalahannya
dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak pembelajaran online (e-learning)
terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas VI MIN 1
Aceh Utara, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran online
(e-learning) terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa
kelas VI MIN 1 Aceh Utara, dan Apa saja solusi dalam pembelajaran online (elearning) terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas
VI MIN 1 Aceh Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak
pembelajaran online (e-learning) terhadap motivasi belajar siswa di masa
pandemi covid-19 siswa Kelas VI MIN 1 Aceh Utara, untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam pembelajaran online (e-learning) terhadap
motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas VI MIN 1 Aceh
Utara, dan untuk mengetahui solusi dalam pembelajaran online (e-learning)
terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas VI MIN 1
Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas VI MIN 1 Aceh
Utara, siswa kelas VI MIN 1 Aceh Utara dan orang tua. Untuk teknik analisis data
menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitiannya adalah dampak pembelajaran online (e-learning) terhadap
motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas VI MIN 1 Aceh
Utara dapat berpengaruh dengan baik diantaranya adalah dapat meningkatkan
interaksi belajar, dan guru, orang tua dan siswa dapat mengaplikasikan teknologi.
Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran online (e-learning)
terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas VI MIN 1
Aceh Utara yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu faktor yang
ada didalam diri siswa tersebut, dan faktor eksternal yaitu faktor yang terdapat
dari luar diri siswa, seperti lingkungan. Solusi dalam pembelajaran online (elearning) terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 siswa kelas
VI MIN 1 Aceh Utara adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengungkapkan hambatan belajar yang di alaminya.


Detail Information

Penulis
RAUDHATUL FADHILAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162709708
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.3 Rau d

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail