Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V DI DESA IE TAREK II ACEH UTARA
XMLKemampuan berpikir kritis matematis adalah berpikir secara mendalam dalam
mencari, memahami dan menerapkan materi pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian didapatkan hasil bahwa kemampuan berpikir kritis
peserta didik di MIN 25 Aceh Utara dan di SD Negeri 2 Simpang Keuramat masih
rendah, hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan tidak menuntut
peserta didik untuk berpikir kritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
adakah pengaruh group investigasion terhadap kemampuan berpikir kritis
matematis siswa kelas V desa Ie Tarek II, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran group
investigasion, terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta
didik sekolah dasar. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasy
Experimental Design dengan metode kuantitatif dan desain penelitian yang
digunakan pretestposttest control design. Analisis data nonparametric digunakan
karena data yang didapati tidak berdistribusi normal serta pengujian nilai tengah
populasi satu arah menggunakan uji t dependent. Maka uji hipotesis menggunakan
Wilcoxon. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yakni siswa kelas
V yang terdapat di desa Ie Tarek II Aceh Utara.Berdasarkan hasil penelitian
didapati bahwa bahwa terima Ha apabila didapati > yaitu 0,0016 >
-2,997, sehingga disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sebelum dan setelah penerapan
metode group investigasion terhadap berepikir kritis matematis siswa kelas V
yang terdapat di desa Ie Tarek II Aceh Utara.
Detail Information
Penulis |
NISAUL KHAIRA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162709705 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.7 Nis p
|