Skripsi
KAJIAN LITERATUR TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengkaji penerapan
pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau
literatur 5 tahun terakhir dari tahun 2016 - 2020. Sumber data dalam penelitian ini
merupakan data sekunder berupa hasil penelitian-penelitian terdahulu baik
kualitatif maupun kuantitatif. Data tersebut berupa laporan penelitian dalam
bentuk jurnal dan skripsi baik yang dicetak maupun secara online dan terindeks
dalam google scholar. Data dianalisis berdasarkan hasil penelitian terdahulu dan
dihubungkan dengan teori-teori pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis
penelitian dapat disimpulkan bahwasanya pembelajaran berbasis masalah dapat
melatih siswa untuk terbiasa mengkontruks pengetahuan dari informasi-informasi
yang diperoleh, berpikir logis dalam menyelesaikan permasalahan dan dengan
demikian dapat meningkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Selain dari itu pembelajaran berbasis masalah juga mampu mengubah siswa untuk
lebih aktif dan inovatif dalam menyaring ide-ide matematis yang bersesuaian
dengan permasalahan sehingga siswa akan termotivasi dalam mempelajari
matematika.
Detail Information
Penulis |
Fitria Nanda - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162209535 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Fit k
|