Skripsi
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
XMLIntan Mutia. 2020. “ Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman
Konsep Matematis Siswa”
Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa
untuk membentuk pemahamannya sendiri dengan menganalisis suatu
permasalahan melalui proses belajar aktif, pengambilan kesimpulan dalam
temuannya, dan bimbingan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimanakah pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep
matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti
pada pada kondisi obyek yang alamiah. Metode dalam penelitian adalah
penelitian kepustakaan ( library research). Penelitian kepustakaan (library
research) yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode
pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali
melalui beragam informasi kepustakaan (buku dan jurnal lilmiah). Yang
terkusus dilihat dalam penelitian ini adalah discovery learning terhadap
pemahaman konsep. Sumber dalam penelitian ini adalah berupa jurnal jurnal
yang berkaitan dengan discovery learning dan pemahaman konsepnya. Teknik
pengumpulan data dengan menelusuri buku-buku diperpustakaan dan menelusuri
tulisan-tulisan lain yang mendukung pendalaman dan ketajaman analisis, Seperti
jurnal-jurnal dan artikel-artikel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu dengan data Ruduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning pembelajaran yang
mengintegrasikan antar berdiskusi sesama teman serta melatih peserta didik
agar mampu bersosialisasi dengan teman lain, saling menukar pengalaman yang
berbeda-beda, saling bekerja sama atau tolong menolong untuk mencapai tujuan
bersama melalui proses diskusi dan bias mengembangkan kemampuan berpikir
dalam memecahkan sebuah masalah.
Detail Information
Penulis |
INTAN MUTIA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162209527 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
511.8 Int p
|