Skripsi
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
XMLSartika Dewi, Juli 2020 “ Pengembangan perangkat pembelajaran to stay two
stray untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
SMP’’
Two stay two stray adalah pembelajaran kooperatif yang tiap kelompok terdiri
dari 4 orang dengan tugasnya masing- masing yaitu dua orang sebagai tamu dan
dan dua orang bertugas menyampaikan hasil kerja kelompok mereka kepada
anggota dari kelompok lain. Sehingga pembelajaran ini sangat efektif digunakan
dalam proses pembelajaran matematika, khususnya untuk mengetahui
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
dapat mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran yang memadai bagi
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika khususnya pada pokok
bahasan sistem persamaan linear dua variabel dengan memanfaatkan perangkat
pembelajaran two stay two stray berupa RPP, LKS dan soal tes. Metode penelitian
yang digunakan merujuk pada penelitian pengembangan, dimana penelitian ini
dimaksudkan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk tertentu,serta
menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan ini di
adopsikan dari model PLOMP. Namun , karena pandemi covid- 19 peneliti hanya
melakukan tiga tahap pertama yaitu Preliminary Investigation Phase, Design
Phase dan Realization/ Construction Phase. Perangkat pembelajaran yang telah
dirancang divalidasi langsung oleh dua pakar ahli pembimbing skripsi. Hasil
analisis menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran two stay
two stray untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
SMP telah valid digunakan pada pokok materi sistem persamaan linear dua
variabel.
Detail Information
Penulis |
SARTIKA DEWI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207587 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
511.8 Sar p
|