Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBANTU MULTIMEDIA
XMLKemampuan pemahaman konsep matematika merupakan fondasi dalam membangun pengetahuan siswa terhadap matematika baik secara lisan maupun tulisan. Walaupun pemahaman konsep matematika siswa sangat penting namun pada kenyataannya siswa masih mengalami kesulitan memahami dan membedakan konsep yang terdapat dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle berbantu multimedia. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif dimana data yang diperoleh diuji secara deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan menggumpulkan jurnal yang peneliti dapatkan dari google scholar. Jurnal yang peneliti ambil ada tujuh jurnal semua berfokus pada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran learning cycle berbantu multimedia. Dari hasil analisis data adanya pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle berbantu multimedia lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvesional. Oleh karena itu model pembelajaran Learning Cycle dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang aktif juga menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji masalah dengan jangkauan yang lebih luas, yaitu dapat mencoba menggunakan model-model pembelajaran lain untuk memaksimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis, ataupun dapat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle untuk mengukur kemampuan-kemampuan lain yang ada dalam pembelajaran matematika.
Detail Information
Penulis |
DEWI CAYANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207611 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
511.8 Dew m
|