PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) (SEBUAH KAJIAN LITERATUR)

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) (SEBUAH KAJIAN LITERATUR)

XML

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika sekolah adalah siswa
masih kesulitan dalam mengerjakan soal yang berbentuk uraian terutama soal
yang berhubungan dengan menyatakan solusi masalah dengan gambar,
menjelaskan konsep matematika secara tulisan, dan menggunakan bahasa
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitian tentang penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kajian kepustakaan berupa literatur yang dipublikasikan selama 6 tahun terakhir
dari tahun 2015 - 2020. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data
sekunder berupa hasil penelitian-penelitian terdahulu baik kualitatif maupun
kuantitatif. Data tersebut berupa laporan penelitian dalam jurnal ilmiah dan
terindeks dalam database google scholar. Data dianalisis dengan teknik analisis
isi. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwasanya
Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terdapat tahapan dimana setiap
tahapan siswa dilatih untuk berpikir secara matematis kemudian siswa diajak
untuk bertukar pikiran serta mengkomunikasikan hasil dari diskusi tersebut
sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Disamping itu penerapan pembelajaran TPS mempunyai keterbatasan hanya
jumlah kelompok yang terdiri dari dua orang. Kerjasama yang terjadi dengan
teman pasangan kurang terkendali sebab dalam satu kelas terdapat banyak
kelompok yang terbentuk.


Detail Information

Penulis
NILAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162209522
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
511.8 Nil p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail