Skripsi
MODEL PENGENALAN HURUF ABJAD MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (Studi Fenomenologi di RA Ukhtani)
XMLLatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah “Perkembangan
bahasa anak usia 4-6 tahun adalah anak mampu menceritakan atau mengulang
kembali apa yang di dengar dengan kosakata yang lebih, dan mampu
melaksanakan perintah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan dan
juga mampu berinteraksi dengan anak atau orang dewasa. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana proses pengenalan huruf abjad melalui
media kartu bergambar terhadap perkembangan bahasa anak di RA Ukhtani?,2)
Bagaimana perkembangan bahasa anak di RA Ukhtani setelah menerapkan model
pengenalan huruf abjad melalui media kartu bergambar?, 3) apa saja kendala- kendala terhadap pengenalan huruf abjad melalui media kartu bergambar di RA
Ukhtani?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses
pengenalan huruf abjad kepada anak, terlebih dahulu guru di beri komitmen untuk
kegiatan pengenalan huruf abjad di pagi hari, lalu guru membuat alat peraga
setelah itu guru melaksanakan piket pagi yang berbeda dengan piket-piket lain, di
piket pagi itu sudah di tentukan nama-nama guru untuk melaksanakan tugasnya
untuk berdiri di gerbang sekolah menyambut kedatangan anak dengan
mengenalkan huruf abjad melalui media kartu bergambar yang sesuai dengan
kemampuan anak. 2) Perkembangan bahasa anak setelah di terapkan kegiatan
model pengenalan huruf abjad melalui media bergambar dalam setiap hari di pagi
awal sambutan anak, seiring berjalannya waktu semakin banyak kemajuan dan
semakin efektif dalam anak berbahasa dan mengenal huruf/kata, Dari keseluruhan
anak yang ada di RA Ukhtani sudah mampu mengenal huruf abjad dan berbahasa
secara optimal. 3) Adapun yang menjadi kendala atau kesulitan guru dalam
mengenalkan huruf di pagi pada awal sambutan anak, terutama sekali guru harus
memperhatikan mood nya anak, karena terkadang di pagi itu ada anak yang mood
nya kurang baik. Ada anak yang susah sekali membuka mulut nya dan suaranya
kecil itu kendalanya bagi guru dalam mengenalkan huruf abjad kepada anak,
tetapi itu minim biasanya.
Detail Information
Penulis |
Mauliza Yanti - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509046 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.6 Mau m
|