MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NURUL IMAN KECAMATAN MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NURUL IMAN KECAMATAN MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Skripsi ini berjudul “Model Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Iman
Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe”. Penelitian ini dilakukan karena ada
sebahagian santri sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
diusia mereka yang masih sangat kecil. Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk
mengetahui model pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Iman, (2) untuk
mengetahui langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul
Iman, (3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam
pembelajaran Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif
Deskriptif dan pendekatan Fenomenologi. Sedangkan subjek penelitian adalah
pimpinan yayasan, Ustadzah yang mengajar Al-Qur’an dan santri. Adapun tehnik
pengumpulan data dengan menggunakan, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Berdasarkan pengumpulan data diatas hasil penelitian yang
didapatkan adalah: (1) dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan
metode Iqra’ dalam pembelajaran Al-Qur’an memiliki beberapa tahap Yaitu,
tahap pertama menyimak, mengulang, dan evaluasi. Tahap awal yaitu menyimak
bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ustadzah dengan menerangkan hukum
bacaan, mad dan pengucapan makharijul huruf. Tahapan kedua yaitu santri
mengulangi bacakan sebelumnya dan menerangkan hukum bacaan, mad dan
makharijul huruf. Tahap ketiga adalah evaluasi. Ustadzah membuat evaluasi
diakhir jam pelajaran untuk melihat sejauh mana kemampuan santri dalam
membaca Al-Qur’an dan berusaha menjelaskan hukum bacaan yang ada pada
setiap ayat Al-Qur’an. (2) model pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan
metode Iqra’ yang ada di TPQ Nurul Iman sudah sangat efektif dan baik,
berdasarkan interaksi antara guru dan murid dalam proses pembelajaran, jika
santri merasa belum memahami tentang hukum bacaan Al-Qur’an maka santri
akan menanyakan langsung kepada Ustadzah untuk mengulangi bacaan tersebut.
(3) Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan berbagai macam
model pembelaran, salah satunya model pembelajaran Al-Qur’an dengan
menggunakan metode Iqra’ tidak terlepas dari kendala. Kendala yang dialami dan
dihadapi selama ini adalah terbatasnya waktu dalam belajar dengan jumlah santri
yang banyak, kehadiran guru pada saat mengajar, serta perhatian orang tua.


Detail Information

Penulis
ALHUSNA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162109448
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X1.1 Alh m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail