STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DI SMPN 2 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DI SMPN 2 SYAMTALIRA ARON

XML

Shalat merupakan manifestasi gerak ibadah yang merupakan hubungan seorang
hamba secara langsung dengan Allah Swt. Jika seorang melakukan shalat dengan
tepat waktu, khusyu’, dan menyadari bahwa ia dilihat oleh Allah, maka semua
perilaku yang dilakukan akan berdampak positif dan mudah mendapatkan
petunjuk dari Allah karena ia merasa bahwa hatinya berkomunikasi dengan Allah. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan
agama Islam dalam membina kedisiplinan shalat berjamaah siswa di Sekolah
Menengah Pertama SMPN 2 Syamtalira Aron, 2) Mendeskripsikan faktor
penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam
dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di Sekolah Menengah
Pertama SMPN 2 Syamtalira Aron,Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research yakni penelitian
lapangan yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama SMPN 2 Syamtalira
Aron . instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang dianalisis
dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik
kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Langkah
guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah
siswa di Sekolah Menengah Pertama SMPN 2 Syamtalira Aron adalah: (a)
Adanya Pembiasaan pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah secara kontinyu. (b)
Keteladanan (Uswah), semua guru menjadi figure tauladan (c) Koreksi dan
Pengawasan, (d) Langkah akhir yang digunakan melalui Tsawab (Hukuman).2)
Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru pendidikan agama
Islam dalam menanamkan shalat berjamaah siswa di Sekolah Menengah Pertama
SMPN 2 Syamtalira Aron: (a) Faktor Pengahambat: Sarana dan prasarana yang
kurang memadai, Kurang adanya keseimbanagan antara lingkungan sekolah dan
keluarga. (b) Faktor Pendukung: Adanya visi dan misi sekolah mengenai
terwujudnya insan yang religius, Adanya kerjasama yang dilakukan antar sesama
guru dalam mendisiplinkan shalat berjamaah siswa. Adanya tata tertib sekolah
yang ditindak lanjuti adanya sanksi pelanggaran dengan tegas.


Detail Information

Penulis
DESI MAULIZA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162109495
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Des s

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail