Jurnal
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA CERPENHARIAN KOMPASEDISI DESEMBER 2019
XMLABSTRACT
This study aims to identify the value of moral education in the December
2019 edition of Kompas daily short stories. The author uses a qualitative
research method with a descriptive analysis approach, the type of
research used in this research is content analysis research (content
analysis). Based on the results of the researchers' findings, it is concluded
that: the form of human relations with itself consists of having an attitude
of greeting each other, an attitude of being able to control oneself, an
attitude of having manners and manners, an attitude of shame, and an
attitude of having a sense of solidarity. The value of moral education
between one another consists of several components. namely, mutual
respect, fostering compassion, mutual tolerance, love to help. The value of
moral education between the human relationship with God is only the
moral values of piety (knowing God as the creator) and praying and
human relations with the natural environment, only there are moral values
of love and social groups, of some of the moral values above, the most
dominating is the relationship of humans with themselves where the
human relationship with oneself is manifested in the form of mutual
greeting. (not arrogant), able to control oneself to be better, manners with
courtesy and courtesy that reflects one's personality, has a sense of shame
towards the attitudes and actions taken, and has a sense of solidarity
which is a loyal trait to someone who has high moral values .
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan nilai pendidikan moral
yang terkandung dalam cerita pendek harian kompas edisi bulan
Desember tahun 2019. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif analisis, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis konten (analisis isi).
Berdasarkan hasiltemuan peneliti menyimupkan
bahwa:wujudhubunganmanusiadengandirisendiri terdiri dari memiliki sikap
saling menyapa, sikap mampu mengendalikan diri, sikap memiliki tata
krama dan sopan santun, sikap memiliki rasa malu, dan sikap memiliki rasa
kesetiakawanan.Nilai pendidikan moral antara satu dengan yang lainnya
sesama terdiridari beberapa komponen yaitu, saling menghormati,
menumbuhkan rasa kasihsayang,toleransi sesama, sukamenolong. Nilai
pendidikan moral antara hubungan manusiadengan Tuhannya
hanyaterdapatnilaimoral ketakwaan (mengenal tuhan sebagai pencipta) dan
berdoa dan hubunganmanusiadenganlingkungan alamhanyaterdapat
nilaimoralcintatanaman dan sosial kelompok, dari beberapa nilai moral diatas
yang paling mendominasi adalah hubungan manusia dengan diri sendiri
dimana hubungan manusia dengan diri sendiri diwujudkan dalam bentuk
saling menyapa (tidak sombong), mampu mengendalikan diri agar menjadi
lebih baik, bertata krama sopan dan santun yang mencerminkan kepribadian
seseorang, memiliki rasa malu terhadap sikap dan tindakan yang dilakukan,
dan memiliki rasa kesetiakawanan yang merupakan sifat setia pada diri
seseorang yang mempunyai nilai moral yang tinggi.