Skripsi
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF BELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Lhokseumawe)
XMLPerkembangan teknologi internet menyebabkan munculnya kehadiran bisnis online (online shopping) yang memicu kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup. Hal tersebut menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang untuk menentukan pilihan dalam mengkonsumsi suatu produk. Transaksi bisnis pada internet telah membentuk perilaku konsumen untuk melakukan pembelian, bahkan ada konsumen yang terburu-buru membeli produk tanpa mempertimbangkan akibat jangka panjang atau dinamakan sebagai pembelian impulsif. Penelitian ini membahas tentang pengaruh promosi penjualan dan gaya hidup terhadap pembelian impulsif belanja online pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Lhokseumawe, yang diteliti menggunakan mixed methods. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive simple random sampling, melibatkan 92 mahasiswa/i sebagai responden. Hasil pengolahan data dengan pengujian regresi linier berganda menyimpulkan bahwa promosi penjualan (X1) tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif, dimana nilai uji t promosi penjualan 1,716 < t tabel = 1,986 pada nilai signifikan 0,090 > 0,05. Gaya hidup (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, diperoleh nilai uji t promosi penjualan 1,716 < t tabel = 1,986, nilai signifikan 0,090 > 0,05. Promosi penjualan (X1) dan gaya hidup (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, nilai uji f sebesar 25,543 > f tabel = 3,10 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Gaya Hidup, Pembelian Impulsif, Mahasiswa.
Detail Information
Penulis |
NURAINI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 161209204 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
330 Nur p
|