Skripsi
HUBUNGAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA/SMK/MA DI KABUPATEN ACEH UTARA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan
signifikan antara sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika siswa
SMA/SMK/MA di Kabupaten Aceh Utara. Sampel penelitian ini terdiri dari 229 siswa
kelas XI yang berasal dari 3 SMA, 1 SMK dan 2 MA yang ada di Kabupaten Aceh Utara.
Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket sikap terhadap matematika dan
dari dokumentasi nilai rapor mata pelajaran matematika. Selain itu, sebagai data
pendukung, dilakukan juga wawancara dengan 11 siswa. Analisis korelasi dilakukan
untuk dua jenis data, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa analisis
kai-kuadrat dilakukan setelah data dikelompokkan dalam bentuk kategori, sedangkan
analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis korelasi non-parametrik rank spearman.
Dari hasil analisis didapati bahwa terdapat perbedaan kesimpulan terkait hubungan antara
variabel sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika. Ketika data yang
dikelompokkan menjadi data kategori (kualitatif), didapati adanya hubungan positif dan
signifikan antara kedua variabel (χ2
(4) = 1,52 ; p = 0,000). Sementara itu, dengan
menggunakan data kuantitatif diperoleh kesimpulan bahwa sikap terhadap matematika
tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika (ρ= -0.075;
p = 0.261). Munculnya perbedaan ini kemungkinan disebabkan bervariasinya skor sikap
terhadap matematika dari siswa yang berprestasi sedang (yaitu siswa yang memiliki nilai
83-90), sehingga disarankan penelitian lanjutan dapat dilakukan secara lebih mendalam
mengenai sikap dari siswa dalam kategori prestasi sedang.
Kata Kunci : analisis korelasi; sikap terhadap matematika; prestasi belajar matematika;
siswa SMA kelas XI
Detail Information
Penulis |
AGUSTINA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162209498 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Agu h
|