HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Kajian Literatur)

Record Detail

Skripsi

HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Kajian Literatur)

XML

Muliana Zulkifli S. 2020. “Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam
pembelajaran matematika (Kajian Literatur)”
Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan suatu proses berpikir
peseta didik dalam level kognitif yang lebih tinggi yang meliputi di dalamnya
kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis,
kemampuan berargumen, dan kemampuan mengambil keputusan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Higher Order Thinking Skill (HOTS)
dalam pembelajaran matematika. Pendekatan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang digunakan
untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Metode yang digunakan adalah
penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (library
research) yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode
pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali
melalui beragam informasi kepustakaan (buku dan jurnal lilmiah). Sumber data
penelitian ini adalah buku “How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your
Classroom” Karya Susan M Brookhart, buku “Higher Order Thinking Skills”
karya FJ King, Ludwika Goodson, dkk. Teknik pengumpulan data dengan
menelusuri buku-buku diperpustakaan dan menelusuri tulisan-tulisan lain yang
mendukung pendalaman dan ketajaman analisis, seperti jurnal-jurnal dan artikelartikel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan data
Reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Higher order thinking skill (HOTS) dalam pembelajaran
matematika tidak hanya terbatas pada kemampuan berhitung saja, namun juga
bagaimana cara menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari guna
menyelesaikan suatu permasalahan, bagaimana cara mengkominikasikannya,
dengan demikian maka dapat dilihat bagaimana siswa menerapkan pembelajaran
higher order thinking skill dalam proses berpikir.


Detail Information

Penulis
MULIANA ZULKIFLI S - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 162209532
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Mul h

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail