Skripsi
HUBUNGAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA/SMK/MA DI KOTA LHOKSEUMAWE
XML
Khazila (2020). Hubungan Sikap Terhadap Matematika dan Prestasi Belajar
Matematika Siswa SMA/SMK/MA di Kota Lhokseumawe
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan
signifikan antara sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika siswa
SMA/SMK/MAdi Kota Lhokseumawe. Sampel penelitian ini terdiri dari 252 siswa
kelas XI yang berasal dari 3 SMA, 2 SMK, dan 3 MA di Kota Lhokseumawe. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan angket sikap terhadap matematika dan
dari dokumentasi nilai rapor mata pelajaran matematika. Selain itu sebagai data
pendukukung, dilakukan juga wawancara dengan 8 orang siswa dan 5 orang guru.
Analisis korelasi dilakukan untuk dua jenis data, yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Analisis kualitatif berupa analisis kai-kuadrat dilakukan setelah data dikelompokkan
dalam bentuk kategori, sementara analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis
korelasi non-parametrik rank spearman. Dari hasil analisis didapati bahwa terdapat
perbedaan kesimpulan terkait hubungan antara variabel sikap terhadap matematika
dan prestasi belajar matematika. Ketika data dikelompokkan menjadi data kategori
(kualitatif), didapati adanya hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel
(χ
2
(2) = 80,762; p = 0,000). Sementara itu, dengan menggunakan data kuantitatif
diperoleh kesimpulan bahwa sikap terhadap matematika tidak memiliki hubungan
yang signifikan dengan prestasi belajar matematika (ρ= -0,09; p = 0,885). Munculnya
perbedaan ini kemungkinan disebabkan bervariasinya skor sikap terhadap
matematika dari siswa yang berprestasi sedang (yaitu siswa yang memiliki nilai 83-
90).
Detail Information
Penulis |
KHAZILA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162209500 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Kha h
|