Literasi Statistik Berbasis Konteks Budaya dan Keislaman: Perspektif Dosen dan Mahasiswa PTKI

Record Detail

Proseding

Literasi Statistik Berbasis Konteks Budaya dan Keislaman: Perspektif Dosen dan Mahasiswa PTKI

XML

ABSTRAK
Pembelajaran statistika dasar di perguruan tinggi seharusnya ditujukan
untuk menghasilkan mahasiswa yang terdidik secara statistik, yaitu
yang memiliki kemampuan mengembangkan literasi statistik. Data
dan konteks yang digunakan merupakan unsur penting dalam
memahami konsep literasi statistik. Oleh karena itu, pemilihan konteks
yang bersesuain dengan nilai-nilai budaya dan keislaman sangat
diperlukan dalam pembelajaran statistika dasar di Perguruan Tinggi
Keagamaan Islam (PTKI). Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang dilakukan untuk menelaah perspektif dosen dan
mahasiswa pendidikan matematika PTKI mengenai komponenkomponen penting yang dapat diintegrasikan dalam merancang materi
ajar statistika yang menekankan konsep literasi statistik berbasis
konteks budaya dan keislaman. Subyek penelitian terdiri dari tiga
orang dosen yang berasal dari dua PTKIN dan 25 orang mahasiswa
FTIK IAIN Lhokseumawe. Wawancara dengan dosen dilakukan
secara tertulis dan tatap muka, sementara diskusi dengan mahasiswa
dilakukan melalui 6 kelompok diskusi berbentuk Focus Group
Discussions. Hasil wawancara dan diskusi tersebut dianalisis dengan
teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
penekanan yang sedikit berbeda antara perspektif mahasiswa dengan
perspektif dosen. Dosen matematika lebih menekankan pada
penanaman karakter positif, sementara mahasiswa lebih menekankan
pada contoh-contoh konteks nilai-nilai budaya dan keislaman yang
mereka pahami yang memungkinkan untuk diintegrasikan ke dalam
pembelajaran statistika.


Detail Information

Penulis
Khairiani Idris - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
Indonesia
Publisher UIN Malang : Malang.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail