DESIGNING ACTIVE LEARNING USING ENGLISH FRACTION GAME

Record Detail

Jurnal

DESIGNING ACTIVE LEARNING USING ENGLISH FRACTION GAME

XML

Abstrak
Strategi pembelajaran aktif telah diketahui efektif dalam pembelajaran Matematika
karena strategi tersebut menjadikan siswa mengalami pembelajaran dengan
menggunakan daya pikir mereka serta dengan melakukan berbagai aktifitas. Artikel
ini mendeskripsikan rancangan pembelajaran aktif yang diterapkan pada
pembelajaran materi pecahan untuk siswa kelas VII MTs Swasta Ulumuddin,
Lhokseumawe. Penelitian ini menerapkan desain penelitian kuasi-eksperimen,
dimana dua kelas dijadikan sebagai sampel penelitian. Satu kelas dijadikan sebagai
kelas eksperimen dan satu kelas lainya sebagai kelas kontrol. Strategi pembelajaran
aktif yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah metode bermain jawaban yang
diintegrasikan dengan penggunaan kartu pecahan dalam Bahasa Inggris. Ada enam
langkah pembelajaran yang dirancang, yaitu: 1) Menginformasikan tujuan
pembelajaran dan memotivasi siswa; 2) Menyajikan informasi; 3) Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok; 4) Membimbing kelompok kerja dan belajar; 5) Evaluasi;
dan 6) Memberikan reward. Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis
dinilai setelah dua kali pertemuan dengan menggunakan lima butir soal pemecahan
masalah matematis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk uji beda rata-rata
dua sampel bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini cukup
untuk menyimpulkan strategi pembelajaran aktif dengan model bermain jawaban
yang diintegrasikan dengan game pecahan dalam Bahasa Inggris berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsS
Ulumuddin.
Kata kunci: pembelajaran aktif, materi pecahan kelas VII, pemecahan masalah
matematis, game pecahan
Abstract
Active learning strategy has been found to be effective for students in learning
mathematics since it encourage students to experience the learning by using their
minds and by doing activities. This article describes the design of active learning
strategy in learning fraction for Grade 7 students of Private Islamic Junior High
School (MTsS) of Ulumuddin, Lhokseumawe. The study applied a quasiexperimental study design, involving two classes as the study samples. One class was
assigned as the experiment group while another one as the control group. The method
of active learning applied in the experimental group was playing with answer
integrated with English fraction game. There were six steps involved in the learning:
1) Informing learning goals and motivating students; 2) Providing information; 3)
Organizing students into groups; 4) Guiding the working and learning groups; 5)
Evaluating; and 6) Giving rewards. Students’ abilities on mathematics problem
solving were measured after two class sessions using five mathematics problem
solving questions. The data was analyzed using t-test for testing mean difference from
two independent samples. The analysis results showed that the data in this study were
sufficient to say that the active learning strategy with playing answer model integrated
with English fraction game significantly affects the ability in mathematics problem
solving of students of MTsS Ulumuddin.


Detail Information

Penulis
Khairiani Idris - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
English
Publisher IAIN Lhokseumawe : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail