Skripsi
SISTEM MARKETING MIX (KOMUNIKASI TERINTERGRASI) DALAM PEMASARAN PRODUK KOPERASI SYARIAH MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus pada Koperasi Baitul Qiradh Arafah Matangkuli)
XMLABSTRAK
Pada Baitul Qiradh Arafah Matangkuli yang merupakan salah satu lembaga
keuangan syariah juga ada menerapkan sistem marketing mix sabagai salah satu
upaya untuk menarik calon nasabah baru, akan tetapi sistem marketing mix yang
dijalankan tersebut berbeda dengan sistem hukum ekonomi syariah sebagaimana
yang penulis ketahui. Maka dari permasalahan tersebut maka judul dalam
penelitian ini ialah: “Sistem Marketing Mix (Komunikasi Terintergrasi) Dalam
Pemasaran Produk Koperasi Syariah Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi
Kasus pada Koperasi Baitul Qiradh Arafah Matangkuli).” Adapun rumusannya
yaitu: 1) Bagaimana sistem marketing mix (komunikasi terintergrasi) yang
dilaksanakan dalam pemasaran produk pada Baitul Qiradh Arafah Matangkuli?, 2)
Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan marketing mix
(komunikasi terintergrasi) yang dilaksanakan dalam pemasaran produk pada
Baitul Qiradh Arafah Matangkuli?. Metode penelitian yang digunakan yaitu
kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Pertama, Sistem marketing
mix (komunikasi terintergrasi) yang dilaksanakan dalam pemasaran produk pada
Baitul Qiradh Arafah Matangkuli merupakan salah satu strategi yang digunakan
untuk menarik calon nasabah baru, sistem marketing mix tersebut dilakukan
berupa komunikasi langsung dengan pihak pedagang atau masyarakat untuk
menjelaskan tentang pelaksanaan produk yang diterapkan pada Baitul Qiradh
Arafah Matangkuli. Kedua, Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap
pelaksanaan marketing mix (komunikasi terintergrasi) pada lembaga keuangan
Baitul Qiradh Arafah Matangkuli ada ketidak sesuaian dengan prinsip hukum
ekonomi syariah, dikarenakan pada kegiatan pemasaran produk yang dijelaskan
pada masyarakat berbeda dengan yang dilaksanakan pada lembaga tersebut, yakni
konsep yang digunakan khususnya pada pembiayaan murabahah masih sama
dengan konsep yang dijalankan pada lembaga konvesional, sehingga dalam
pandangan hukum ekonomi Islam melarang keras tentang setiap praktik
marketing mix yang mengajak masyarakat untuk melakukan atau mengambil riba.
Kata Kunci: Marketing Mix, Pemasaran Produk, Baitul Qiradh Arafah
Matangkuli
i
ABSTRACT
Baitul Qiradh Arafah Matangkuli, which is one of the Islamic financial
institutions, also applies a marketing mix system as an effort to attract new
prospective customers, but the marketing mix system that is carried out is
different from the sharia economic legal system as I know. So from these
problems, the title in this study is: "Marketing Mix System (Integrated
Communication) in Sharia Cooperative Product Marketing According to Sharia
Economic Law (Case Study at Baitul Qiradh Arafah Matangkuli Cooperative)."
The formulas are: 1) How is the marketing mix system (integrated
communication) implemented in product marketing at Baitul Qiradh Arafah
Matangkuli? Matangkuli ?. The research method used is descriptive qualitative by
collecting data through interviews, observation and documentation. The results
showed that: First, the marketing mix system (integrated communication)
implemented in product marketing at Baitul Qiradh Arafah Matangkuli is one of
the strategies used to attract new prospective customers, the marketing mix system
is carried out in the form of direct communication with traders or the public to
explained about the implementation of the product applied to Baitul Qiradh
Arafah Matangkuli. Second, a review of sharia economic law on the
implementation of the marketing mix (integrated communication) at the Baitul
Qiradh Arafah Matangkuli financial institution there is a discrepancy with the
principles of sharia economic law, because the product marketing activities
described in society are different from those carried out at the institution, namely
the concept that used in particular for murabahah financing is still the same as the
concept implemented in conventional institutions, so that in the view of Islamic
economic law it strictly prohibits any marketing mix practices that invite people to
commit or take usury.
Keywords: Marketing Mix, Product Marketing, Baitul Qiradh Arafah
Matangkuli
Detail Information
Penulis |
Zainora - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 151308760 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X6.3 Zai s
|